Berita Nasional Terpercaya

Legenda Candi Prambanan dalam Karya Batik

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Indonesia memiliki beragam cerita rakyat, tapi banyak yang belum didokumentasikan dengan baik. Batik Benang Ratu mencoba untuk mendokumentasikan cerita-cerita rakyat tersebut dalam bentuk batik.

Baca Juga Kejari Sleman Dan BPKP DIY Sepakat Ada Pidana Di Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah Pariwisata

Owner Batik Benang Ratu, Christian Sinudarsono dan Maria Eunike Santoso menuturkan setiap cabang toko Batik Benang Ratu mendokumentasikan cerita rakyat di daerah setempat. Untuk cabang Yogyakarta, cerita rakyat yang diangkat yaitu legenda Candi Prambanan dengan Roro Jonggrang sebagai tokoh utamanya.

“Kami pelan pelan mendokumentasikan cerita rakyat Indonesia dalam bentuk batik. Dan kami memiliki rencana dalam 10 tahun mendatang ingin menggelar sebuah pameran cerita rakyat Indonesia yang seluruhnya dibuat dalam bentuk batik,” terang Maria kepada wartawan di sela grand opening toko Batik Benang Ratu cabang Yogyakarta di Jalan Gedongkuning Selatan, Sabtu (24/2/2024).

Menurut Maria, saat berkunjung di Batik Benang Ratu Yogyakarta, para pengunjung tidak hanya belanja batik, namun juga diajak mengingat kembali kisah dari Roro Jonggrang yang dihadirkan dalam bentuk instalasi visual dan interactive activity. “Batik Benang Ratu menyajikan sebuah konsep toko batik yang tidak hanya menjual batik saja namun memberikan sisi edukasi histori bagi para customernya,” tuturnya.

Christian Sinudarsono menambahkan, Toko Benang Ratu Yogyakarta menjadi toko pertama di antara cabang Benang Ratu yang menghadirkan 5 sensory activity untuk pada pembeli. Di mana mereka bisa menggunakan lima panca indra mereka untuk bisa merasakan keindahan dan keagungan batik Indonesia melaui penglihatan, pendengaran, perasa, peraba dan penciuman. “Ini akan menjadi pengalaman berbeda dalam berbelanja batik bagi para customer kami,” katanya.

Baca Juga Kejari Sleman Diminta Pakai Strategi Klaster Bongkar Dugaan Korupsi Hibah Pariwisata

Christian mengatakan, Batik Benang Ratu memiliki visi yaitu ingin membatikkan nusantara dengan jenis batik yang beragam yang pasti akan sesuai dengan selera setiap generasi dan harga yang sangat terjangkau. Sehingga semua kalangan dapat mengenakan batik.

“Kami ingin membawa batik Indonesia ke ‘next level’. Sehingga jika selama ini batik hanya dikenal sebagai jenis kain/pakaian yang dianggap kuna dan membosankan. Maka Batik Benang Ratu datang dengan membawa angin segar bagi industri batik di Indonesia,” pungkasnya. (*/jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.