Berita Nasional Terpercaya

Ketua DPRD Minta Pemda Sleman Terbitkan Aturan Anti Klitih

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Maraknya kejahatan jalanan yang dilakukan remaja tanggung atau lebih dikenal dengan nama 'klitih' membuat  Ketua DPRD Kabupaten Sleman, Haris Sugiharta gerah. Tak tanggung-tanggung dia menantang Pemerintah daerah atau Pemda membuat aturan dalam rangka mencegah dan menanggulangi terjadinya klitih.

“Klitih ini sudah sangat meresahkan, kami mendorong agar Pemda segera membuat peraturan dalam rangka mencegah dan menanggulangi terjadinya klitih,” ujar Haris saat dikontak Bernas.id Minggu (16/2/2020).

Dia menyadari, peran orang tua dan sekolah sangat besar terhadap pelaku klitih yang didominasi masih berstatus pelajar.

“Dewan menghimbau kepada orang tua dan sekolah untuk memberikan pengertian tentang klitih dan apa dampaknya. Kita juga meminta agar orang tua tidak memberikan izin kepada putra putrinya keluar diatas jam 21.00 tanpa didampingi,” kata Haris.

Politisi PDI Perjuangan ini meminta, semua pihak termasuk sekolah lebih intensif memberikan sosialisasi dan pembinaan terhadap para siswanya.

“Sekolah harus melakukan pengawasan yang ketat terhadap siswa selama jam sekolah,” kata Haris.

Haris berharap, semua pihak terkait khususnya Sat pol PP lebih meningkatkan operasi minuman beralkohol yang tidak berijin. Karena, menurut dia, tindak kejahatan jalanan dilakukan para pelaku setelah menenggak minuman keras.

“Jadi saling berkaitan, antara kepolisian, Satpol PP, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olah Raga serta Kesbangpol selalu berkoordinasi melakukan pembinaan di sekolah-sekolah,” pungkasnya. (wit)

Leave A Reply

Your email address will not be published.