Berita Nasional Terpercaya

Ingin Punya Vlog Menarik dan Disukai Seperti Mbah Minto? Begini Caranya

0

 

Bernas.id ? Semenjak Indonesia berjibaku dengan pandemi korona ada imbas positif yang patut kita syukuri. Sejak imbauan untuk berada di rumah saja, orang menghabiskan banyak waktunya dengan berkegiatan online. Hal ini memunculkan banyak ide dan kreativitas baru, baik dalam bentuk foto, meme, maupun video yang kemudian viral. Salah satu yang paling digemari adalah video blogging atau vlog yang memunculkan tokoh Mbah Minto.

Vlogging adalah perkembangan dari tren sebelumnya yaitu blogging. Vlogging lebih disukai karena tampilannya berupa video yang mengandung konten lucu, menghibur, sekaligus mengedukasi. Vlogging biasnya diunggah di Youtube.

Semenjak tahun 2013, Youtube dapat memberikan uang kepada para pengunggah video yang jumlahnya penontonnya banyak melalui adsense. Hal itu kemudian memunculkan banyak orang yang mengunggah bermacam jenis video ke Youtube. Maka jangan heran bila ada seorang vlogger yang sudah meraup penghasilan hingga miliaran rupiah walau hanya dari video Youtubenya.

Tertarik? Nah, ini cara membuat vlog yang menarik untuk pemula.

1. Merencanakan Ide

Merencanakan ide adalah hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat video. Harus jelas di awal apa ide konten untuk vlog yang akan kamu buat. Catat konsep yang muncul dalam pikiran, lalu lakukan breakdown mengenai ide yang paling menarik dan unik.

Bisa saja vlog mu berupa dialy vlog yang merekam kegiatan sehari-hari. Untuk membiat vlog mu unik dan bisa mendatangkan banyak penonton maka kamu harus mengahdirkan konten yang berbeda dan lain daripada yang lain.

Selain itu, kamu juga harus memikirkan nama channel Youtube kamu. Penamaan ini bisa menggunakan nama sendiri atau nama lain yang menarik dan unik sehingga akan lebih mudah diingat oleh para penonton.

2. Menyiapkan Peralatan

Peralatan adalah hal penting yang harus dipersiapkan selanjutnya. Mungkin banyak orang berpikir bahwa membuat sebuah vlog membutuhkan banyak sekali peralatan, namun tidak pada kenyataannya. Kamu bisa membuat vlog hanya dengan ponsel asalkan kameranya berkualitas cukup baik. Agar kualitas video semakin bagus, sebaiknya tambahkan beberapa alat seperti tripod, stabilizer, dan satu buah ponsel lain untuk menjadi perekam suara atau mic. Bila ingin menghasilkan karya video yang lebih bagus lagi dengan resolusi yang tinggi gunakan kamera.

3. Ambil Gambar, Edit, dan Unggah Video

Saat melakukan pengambilan gambar, perhatikan pencahayaan yang baik, sudut pengambilan gambar, dan cinematografi dasar lainnya. Hal-hal kecil tersebut berpengaruh besar dan akan membuat video kamu terlihat lebih elegan dan menarik.

Saat editing, Anda dapat menggunakan berbagai software yang mudah digunakan seperti Camtasia untuk sistem operasi Windows dan Screenflow untuk sistem operasi Mac ketika ingin merekam. Saat proses editing, aplikasi yang ramah pengguna dan mudah digunakan salah satu contohnya adalah MovieMaker untuk Windows atau iMovie untuk Mac. Agar lebih bagus dalam proses editing, maka dapat menggunakan berbagai aplikasi tambahan, salah satu contohnya adalah Adobe After Effect yang dapat digunakan untuk editing greenscreen dan sebagainya.

Jika kamu memakai ponsel sebagai sarana vlogging, ada aplikasi bantuan dalam pengeditan video. Misalnya saja, PowerDirector, Intro Maker, Editor Video dan masih banyak lagi. Dalam melakukan editing, lakukan pertimbangan komposisi yang baik antara isi konten, kreativitas menggunakan efek hingga durasi video.

Setelah selesai edit video, unggah ke akun Youtube channel dengan pemilihan judul, deskripsi video, dan gambar icon video (thumbnail) yang menarik perhatian. Pemberian tanda pagar tertentu juga akan sangat membantu para calon penonton menemukan video kamu.

4. Promosikan Vlog Kamu

Sebagai pemula tentu penonton vlog kamu belum banyak dan cukup sulit mendapatkan penonton untuk vlogmu. Oleh karena itu, kamu bisa mempromosikan vlogmu melalui media sosial mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram. Dengan begitu, video akan dapat tersebar dengan cukup luas untuk awal sebelum akhirnya muncul di berbagai suggestion video lain.

5. Tentukan Tujuan Membuat Vlog

Ketika akan melakukan sesuatu tentu harus jelas tujuann. Demikian juga saat kamu memutuskan untuk membuat vlog dan menjadi vlogger. Tentukan,  apakah kamu membuat vlog hanya untuk kepuasan pribadi, sekedar hobi, atau ingin mendapatkan uang dari vlog tersebut?

Tujuan yang jelas akan mempengaruhi kinerja dalam membuat vlog. Misalnya saja, jika hanya keisengan saja, maka kamu bisa mengunggah video kapan saja dan tema video pun dapat berubah-ubah sesuai keinginan. Lain halnya jika tujuanmu adalah untuk mendapatkan uang, maka kamu harus melakukannya dengan konsep yang jelas, mulai dari pemilihan konten, editing, hingga penjadwakan tayang video di Youtube channel.

Penjadwalan adalah hal yang penting karena Youtube mempunyai algoritma untuk mempromosikan video yang diunggah secara konsisten dalam tenggang waktu tertentu.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki niat tinggi untuk mengelola channel Youtube maka kamu bisa merekam dan mengedit beberapa stok video terlebih dahulu kemudian menguploadnya setiap hari. Dengan begitu, algoritma dari Youtube itu sendiri akan membuat videomu lebih mudah ditemukan.

Untuk membuat vlog mu cepat dikenal oleh banyak orang sesungguhnya kamu sedang melakukan strategi promosi digital. Kamu bisa mempelajarinya lebih dalam di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing. (sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.