Berita Nasional Terpercaya

4 Hal Kecil yang Bisa Jadi Beban Keuangan untuk Mahasiswa

0

Bernas.id – Menjadi mahasiswa adalah saat-saat untuk kamu bermpimpi, berambisi, bekerja keras untuk meraih mimpi, tapi tentu saja tak lupa untuk bersenang-senang. Banyak hal akan kamu alami dan rasakan saat menjadi mahasiswa. Satu hal yang tidak boleh kamu lupa adalah apa pun yang kamu lakukan saat ini adalah kamu sedang membangun pondasi hidupmu untuk masa depan.

Tidak ada salahnya, kamu mulai teliti dengan apa yang kamu kerjakan. Jangan sampai kamu meremehkan hal-hal kecil yang itu dapat menganggu kehidupanmu, terutama kondisi finansialmu sebagai seorang mahasiswa. Berikut ini ada 4 hal kecil yang bisa jadi beban keuanganmu.

1.Tidak Kerja Part-time

Uang saku yang masih kamu dapatkan dari orangtua seharusnya tidak lantas membuatmu bersantai saja. Mungkin saja uang saku tersebut selalu cukup namun tidak ada salahnya juga mencari pekerjaan part time untuk menggali pengalaman.

Dengan mendapatkan uang dari keringat sendiri kamu pun akan lebih menghargai uang. Bijak menggunakan uang juga bekal penting untuk masa depan, lho.

2.Malas Mencari Info Beasiswa

Beasiswa itu tidak hanya untuk orang atau mahasiswa tidak mampu, lho. Meskipun, jika memang secara finansial kamu tepat untuk mendapatkan beasiswa kamu pun harus aktif mencari informasi tentangnya. Jangan malas untuk mencari informasi beasiswa karena perguruan tinggi menyediakan beasiswa yang beragam sesuai kebutuhan mahasiswanya.

Beasiswa bisa membantumu secara finansial. Kamu bisa menggunakan uang beasiswa untuk kepentingan pendidikanmu, seperti membeli buku, ikut workshop dan seminar berbayar, atau beli peralatan yang bisa mendukung pendidikanmu.

3.Nilai Selalu Jeblok

Apa hubungannya nilai jeblok dengan masalah keuangan mahasiswa? Sangat ada hubungannya. Nilai jeblok di salah satu mata kuliah akan membuatmu harus mengikuti ujian remedi atau bahkan mengulang mata kuliah tersebut di tahun depan.

Ujian remedi membuatmu harus mengeluarkan biaya lagi. Lebih parah lagi jika harus mengulang tahun depan maka otomatis waktu lulusmu tertunda dan harus membayar spp kuliah lagi.

Jika ingin tidak mengeluarkan banyak biaya kuliah dan segera lulus serta mendapatkan kerja, pastikan kamu selalu lulus di semua mata kuliah.

4.Salah Pergaulan

Banyak bergaul saat menjadi mahasiswa adalah hal positif. Semakin banyak teman maka potensi untuk mendapat relasi juga semakin luas. Tapi hati-hati, jangan sampai salah memilih lingkungan pergaulan.

Jika lingkungan pergaulanmu membuatmu boros, harus memenuhi gaya hidup yang sama, banyak main, jarang belajar, maka saatnya kamu harus keluar dari pergaulan tersebut. Terlebih lagi, jika kamu masuk ke pergaulan yang menjurus ke narkoba dan alkohol harus segera menjauh.

Salah pergaulan akan merugikanmu dalam segala hal. Kerugian keuangan adalah salah satunya. Kerugian-kerugian lain tentu jauh lebih banyak bahkan bisa berurusan dengan hukum.

Pilih kampus dan lingkungan kampus yang mendukung mahasiswanya melakukan hal-hal positif. Salah satunya adalah Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) yang terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama UNMAHA. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UNMAHA. Klik info lengkapnya di: https://bernas.info/BeasiswaKuliahPengusaha .(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.