Berita Nasional Terpercaya

Mental Bermasalah Bisa Sebabkan Kualitas Tidur Jadi Buruk

0

Bernas.id – Setiap manusia memerlukan tidur untuk mengisi staminanya kembali setelah seharian melakukan aktivitas baik itu bekerja, belajar maupun aktivitas lain. Tidur memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti meningkatkan sistem kekebalan, meredakan pegal dan nyeri, juga bisa memperbaiki suasana hati setelah beraktivitas. Untuk durasi tidur orang dewasa rata-rata adalah 7-8 jam. Waktu tidur yang cukup akan membantu tubuh kita tetap dalam kondisi yang baik untuk menjalankan aktivitas di hari esok.

Tidur berkualitas bisa ditandai dengan kondisi Anda bangun tubuh terasa lebih segar. Apabila Anda tidur dan ketika terbangun malah merasa pegal badan, itu berarti tidur Anda belum berkualitas dan ada banyak faktor yang memengaruhinya, salah satunya adalah kesehatan mental atau psikologi seseorang. Stres atau tekanan mental dapat menimbulkan kekacauan pikiran yang menyebabkan emosi menjadi tidak stabil, serta dapat berujung pada kecemasan berlebih/depresi. Hal itu yang menyebabkan tidur menjadi terganggu dan tidak nyenyak.

Sebelum tidur hendaknya kita menyelesaikan masalah-masalah yang mengganggu pikiran kita. Usahakan tubuh dan pikiran kita untuk tetap rileks. Mengalami stres yang terus menerus akan mengakibatkan kualitas tidur terganggu dalam jangka panjang. Bahkan bisa terkena insomnia. Insomnia merupakan gangguan tidur yang sering terjadi saat kita sedang stres.

Yang bisa dilakukan untuk menangani stres agar tidak berdampak pada tidur adalah dengan berfikir positif pada setiap masalah yang kita hadapi. Jadikan masalah sebagai pembelajaran hidup. Yang harus dilakukan adalah menemukan sumber masalah kemudian memikirkan jalan keluar terbaik dari masalah tersebut. Hal tersebut ampuh dilakukan untuk menghindari masalah yang berkepanjangan dan hanya akan menyebabkan stres berlebihan.

Rajin-rajinlah berolah-raga dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta untuk membersihkan jiwa dan pikiran kita. Berolah-raga secara teratur di pagi hari dapat membantu kita untuk tidur baik di malam hari. Usahakan untuk tidak berolah raga sebelum jam tidur di malam hari karena akan memberikan efek lelah padah tubuh yang tidak terbiasa. Jika Anda memulai olah raga di pagi hari maka akan memberikan energi yang dapat bertahan sampai sore hari. Sehingga kita akan menjalani aktivitas dengan semangat dan berenergi.

Jika perlu, carilah hobi baru agar kita tidak terus-menerus berpikir tentang suatu masalah. Mencari hobi baru akan membantu kita dalam mengelola stres. Melakukan hobi sama dengan melakukan kesenangan.  Melakukan sesuatu yang kita sukai akan membuat jiwa menjadi bahagia yang akan berdampak pada ketenangan pikiran. Penting bagi kita untuk meluangkan waktu bersenang-senang tetapi masih dalam hal yang yang positif juga tidak merugikan orang lain. Bila perlu carilah hobi yang produktif dan bisa memiliki nilai ekonomis. Contohnya seperti berkebun, merajut, menulis, memasak, dan lain-lain.

Lakukanlah relaksasi maupun meditasi selama kurang lebih sepuluh menit sebelum tidur atau disela-sela aktivitas untuk membantu meringankan stres yang melanda. Relaksasi merupakan salah satu teknik yang efektif untuk mengurangi ketegangan maupun kecemasan. Relaksasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti mandi air hangat, pijat, mendengarkan musik, peregangan, dan minum teh herbal. Hal-hal tersebut akan mengurangi stres yang berlebih dan membantu kita untuk tidur lebih nyenyak agar kualitas tidur kita lebih baik. (Eva)

Leave A Reply

Your email address will not be published.