Berita Nasional Terpercaya

Mesin Ozon Dapat Mencegah Covid-19? Simak Ulasan dan Cara Kerja Mesin Ini!

0

Bernas.id ? Tahun 2021 sudah berjalan, tetapi pandemi Covid-19 belum juga teratasi. Protokol kesehatan mulai 3M, 4M, dan 5M telah digaungkan oleh pihak-pihak terkait guna memutus rantai penyebaran virus ini. Namun, angka pasien terinfeksi semakin meningkat.

Virus Corona menyebar melalui cipratan air liur dari orang yang terjangkit. Virus dapat berkembang di tubuh seseorang melalui mulut, mata dan hidung, lalu menyerang ke sistem pernapasan. Oleh sebab itu gejala umum pasien terjangkit virus Corona mengalami sesak napas.

Oleh karena penularan virus Covid-19 yang melalui mulut, mata dan hidung itulah, protokol kesehatan mengharuskan kita untuk selalu memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan sesering mungkin. Selain kebiasaan 3M tersebut, Mesin ozon dinilai juga dapat mencegah penyebaran virus Covid-19.

Perlu diketahui bahwa ozon merupakan tiga molekul oksigen yang memiliki sifat sebagai zat yang mampu mengoksidasi bahan organik secara efektif. Oleh karena itu ozon dinilai mampu mensterilisasi terhadap kandungan berbahaya yang ada di dalam air dan udara, seperti bakteri patogen, virus, spora, jamur, dan kontaminan lain.

Masalahnya ozon tidak bisa ditemukan di udara bebas.lapisan ozon terletak di lapisan Stratosfer pada atmosfer bumi yaitu pada ketinggian 15-30 km di atas permukaan bumi. Nah, untuk menghasilkan ozon diperlukan sebuah alat untuk mengubah oksigen menjadi ozon. Mezin ozon namanya.

Mesin Ozon (O3) mampu menangkap oksigen di udara untuk diubah menjadi ozon. Proses pengubahan ozon dilakukan di dalam ozone chamber dengan bantuan aliran listrik. Ozon yang telah terbentuk kemudian dialirkan ke sebuah tabung yang kemudian disalurkan ke luar mesin ozon. Untuk mengetahui keberadaan ozon di sekitar kita cukup mudah karena ozon memiliki aroma yang khas dan tajam.

Meskipun ozon dapat membunuh bakteri, virus dan sebagainya. Namun, jika kandungannya berlebihan juga akan membahayakan karena bisa bersifat toksik. Untuk sebab itu cermati sebelum membeli mesin ozon, seperti lisensi, sertifikat dan keterangan lainnya.

Sementara ozon ini sering digunakan dalam perindustrian seperti:

  • Mengeyahkan kuman sebelum dibotolkan (antiseptik)
  • Menghapuskan pencemaran dalam air (besi, arsen, hidrogen sulfida, nitrit, dan bahan organik kompleks yang dikenal sebagai warna
  • Membantu proses flokulasi
  • Mencuci dan memutihkan kain

Itulah beberapa manfaat ozon. Anda bisa mempertimbangkannya dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Semoga bermanfaat. (muu)

Leave A Reply

Your email address will not be published.