Berita Nasional Terpercaya

Cara Menghapus Akun Google dengan Tuntas tapi Praktis

0

Cara menghapus akun Google yang ada di sini khusus untuk akun Google yang sudah tidak terpakai dan dianggap berisiko mengganggu privasi atau data pribadi Anda.

Cara menghapus akun Google sangat mudah untuk dilakukan oleh banyak orang. Bahkan bisa dilakukan di laptop atau personal computer (PC) melalui browser. Hanya membutuhkan beberapa langkah saja supaya akun Google benar-benar terhapus. 

Sebenarnya Google sendiri memiliki beberapa pilihan cara menghapus akun Google atau menghapus akun Gmail. Anda dapat menghapus akun Gmail saja atau sekaligus dengan akun Google yang tertaut di browser.

Namun jika anda sudah menghapus akun Google, otomatis akun Gmail ikut terhapus dengan layanan yang lainnya di akun Google tersebut. 

Seorang Konglomerat Peringatkan Bahaya Facebook dan Google Bagi Warga Dunia. Karena itu, menghapus akun Google bisa jadi opsi terbaik untuk detoks media sosial.

Sebelum Anda menghapus akun Google secara permanen, perlu dipertimbangkan secara matang agar tidak menyesal di kemudian hari.

Maka dari itu pratinjau terlebih dahulu akun yang dimiliki. Terlebih lagi, Anda juga perlu memperbarui informasi pemulihan akun jika sewaktu-waktu dibutuhkan kembali.

 

Mengapa Anda Ingin Menghapus Akun Google?

Sebenarnya tujuan menghapus akun Google secara permanen di laptop tiap orang berbeda-beda. Secara umum tujuan dari menghapus akun tersebut adalah menjaga keamanan data dan sesuatu yang bersifat privacy.

Hal ini disebabkan bahwa di dalam akun Google tersebut terhubung dengan layanan seperti Google drive, Gmail, Google classroom, Google bisnisku, Google playstore, hingga YouTube. 

Sehingga data yang tersimpan dalam akun Google tersebut tidak dapat diakses oleh orang lain jika Anda menghapusnya secara permanen.

Coba bayangkan jika orang lain bisa mengakses data yang penting dan mengumbarnya ke publik, tentu Anda tidak ingin dilihat orang lain. 

Adapun jika Anda ingin melihat apakah akun Anda telah diretas oleh orang lain atau tidak maka Anda bisa akses ke fitur Security Checkup yang biasanya masuk ke Gmail pada saat akun diakses tanpa izin.

Baca juga: Benarkah Mbah Google Tahu Segalanya? Cari Tahu Kebenarannya!

 

Cara Backup Data Anda Sebelum Hapus Akun Google

Jika Anda benar-benar ingin menghapus akun Google secara permanen, ada kalanya Anda perlu mem-backup semua data yang tersimpan di dalam akun Google:

  1. Masuk ke halaman Google akun melalui web browser yang digunakan dan pastikan akun tersebut adalah akun yang akan dihapus.
  2. Pilih Data & Personalisasi dan klik Download Data Anda setelah di-scroll ke bawah.
  3. Lalu pilih data apa saja yang ingin di-backup dengan cara hilangkan centang yang tidak ingin Anda backup atau jika pilih semua biarkan saja dalam keadaan sudah tercentang.
  4. Klik langkah berikutnya dan pilih frekuensi ekspor untuk satu kali atau setiap bulan selama satu tahun. Kemudian pilih jenis dan ukuran file ekspor, lalu jika sudah Anda klik Buat Ekspor.
  5. Terakhir tunggu proses ekspor selesai dan jika selesai akan ada pemberitahuan melalui Gmail. Setelah itu Anda mengunduh file tersebut agar tersimpan di dalam laptop atau PC. 

Baca juga: 10 Kesalahan Google Translate Jawa Indonesia Ini Bikin Ngakak

Cara-Menghapus-Akun-Google-dengan-Tuntas

Menghapus Akun Google Secara Permanen via Laptop atau PC

Setelah melakukan backup data, Anda dengan leluasa untuk menghapus akun Google secara permanen, baik melalui Gmail maupun melalui web browser.

Berikut ini cara mudah menghapus akun Google secara permanen melalui Gmail di Laptop:

  1. Masuk ke akun Gmail yang akan Anda hapus.
  2. Buka fitur halaman Penghapusan Akun Google Ini dan klik opsi Hapus Akun Anda.
  3. Masukkan password Gmail yang sesuai dan klik Berikutnya.
  4. Terakhir berikan centang semuanya untuk menyetujui akun Google Anda terhapus secara permanen, kemudian klik Hapus Akun dan jika
  5. Anda berhasil maka akan muncul keterangan “Akun Google Anda dan semua datanya telah dihapus”

Selain itu, Anda juga dapat menghapus akun Google secara permanen melalui web browser Google Chrome di desktop atau PC:

  1. Masuk Google Chrome lalu klik ikon akun Google di samping sebelah kanan tanda titik tiga.
  2. Setelah itu, klik logout dan pilih hapus akun. Kemudian klik akun Google dan pilih Ya, Hapus. Sehingga secara otomatis akun tersebut secara otomatis tidak akan digunakan lagi dengan layanan Google di browser Chrome ini. 

 

Menghapus Akun Google di Perangkat Lain Melalui Browser Komputer

Selain dapat menghapus akun Google di satu tempat perangkat yang sama, bisa juga menghapus akun Google dari perangkat lain melalui browser komputer. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Lakukan akses melalui my.account.Google.com/device-activity.
  2. Lalu masuk terlebih dahulu ke akun Google Anda jika sebelumnya belum masuk.
  3. Kemudian pilih perangkat yang akan Anda inginkan untuk dihapus akun Google-nya.
  4. Klik ikon tiga titik pada pilihan tersebut dan pilih Logout untuk keluar.
  5. Terakhir akan muncul kotak dialog “Tindakan ini akan menghapus akses ke Akun Google Anda dari perangkat” dan konfirmasi untuk Logout. 

Demikian sedikit penjelasan mengenai berbagai macam pilihan cara untuk menghapus akun Google secara permanen dari web browser ataupun langsung dari Gmail di laptop atau PC. Sebelum memutuskan, Anda pertimbangkan terlebih dahulu resikonya.  Sebagai pertimbangan lain, berikut ini ulasan soal Aplikasi Google yang Berbahaya Bagi Keamanan Datamu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.