Berita Nasional Terpercaya

5 Pemanfaatan Cloud Computing untuk Pendidikan

0

BERNAS.ID – Cloud computing seperti layanan VPS Indonesia telah mengambil alih berbagai sektor industri, termasuk pendidikan. Salah satu keunggulan utamanya adalah kemudahan akses yang ditawarkannya.

Ini sangat cocok dengan tren mobilitas pendidikan saat ini yang sudah sepenuhnya digital. Dari aspek peningkatan aksesibilitas, pengurangan biaya, hingga meningkatkan kolaborasi, cloud menjadi sumber daya yang berharga bagi pendidik dan siswa.

Berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan teknologi cloud untuk meningkatkan konektivitas antara pendidik dan peserta didik.

Baca Juga : Universitas kecerdasan buatan di Abu Dhabi mendirikan departemen robotika dan ilmu komputer khusus untuk memenuhi permintaan global yang melonjak

Ini merupakan evolusi dari zaman di mana kita menggunakan floppy disk dan buku teks berat menuju era cloud computing yang lebih modern. Dengan adopsi teknologi cloud, pembelajaran tidak lagi terbatas oleh batasan fisik ruang kelas.

Siswa dapat mengakses materi pembelajaran dari mana saja dan kapan saja, meningkatkan fleksibilitas dalam proses belajar mengajar.

Lalu, seperti apa pemanfaatan cloud computing untuk berbagai kebutuhan di sektor pendidikan? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari kenali terlebih dulu apa itu cloud computing.

Mengenal Apa Itu Cloud Computing
Cloud computing merupakan sistem informasi yang memudahkan akses ke berbagai komponen seperti server, aplikasi, maupun database melalui jaringan internet.

Dalam sistem ini, sumberdaya disimpan dan dikelola di pusat data yang terhubung dengan internet. Pengguna dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja melalui aplikasi atau website dengan mengelola server yang disediakan oleh penyedia layanan cloud.

Ada dua jenis utama dalam penggunaan cloud: public cloud dan private cloud. Public cloud dapat diakses oleh siapa saja melalui internet, mengandalkan internet sebagai pusat jaringan untuk mengelola data di cloud storage secara optimal.

Sementara private cloud memungkinkan pengguna mengoperasikannya sendiri atau menggunakan pihak ketiga, hanya dapat diakses oleh pengguna yang terkoneksi dan umumnya digunakan oleh pengguna dengan kebutuhan keamanan dan privasi tinggi.

Pemanfaatan Cloud Computing untuk Pendidikan

Cloud computing memberikan solusi terhadap berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi oleh pendidik dan peserta didik. Beberapa contoh pemanfaatannya di dunia pendidikan seperti:

1. Efisiensi Pengeluaran Ketergantungan pada Perangkat Keras

Penerapan cloud computing membawa efisiensi dalam pengeluaran bagi siswa dan sekolah. Siswa tidak perlu lagi membeli buku cetak karena mereka dapat mengakses materi pelajaran melalui perangkat mereka, baik itu dengan mengunduh buku digital atau menonton video penjelasan.

Cloud computing juga dapat mengurangi ketergantungan pada perangkat keras bagi siswa yang perlu menyimpan file untuk keperluan pembelajaran. Mereka dapat menyimpan data mereka di penyimpanan cloud, menghilangkan kekhawatiran akan kekurangan ruang penyimpanan.

2. Kemampuan Mengadakan Kelas Online

Penggunaan aplikasi untuk pelajaran online sangat bergantung pada teknologi berbasis cloud. Cloud computing bahkan menjadi penyelamat saat pandemi, memungkinkan peralihan dari kelas offline menjadi kelas online. Selain itu, berbagai aplikasi pembelajaran digital dan Learning Management System (LMS) dapat digunakan berkat teknologi cloud.

3. Akses Tanpa Batas untuk Banyak Pengguna

Adanya cloud computing memungkinkan penggunaan oleh banyak orang tanpa hambatan, sesuai dengan jumlah siswa yang ada di setiap sekolah yang bisa mencapai ratusan hingga ribuan.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Akun Email ke Komputer dan Handphone

Keunggulan ini terletak pada kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas, aksesibilitas dari berbagai perangkat, kemudahan penggunaan kapan pun dan di mana pun, serta kemampuannya untuk digunakan oleh banyak pengguna secara bersamaan.

4. Pemanfaatan Metode Pembelajaran Modern

Metode-metode pembelajaran modern seperti hybrid learning, blended learning, dan flipped classroom dapat diterapkan dengan memanfaatkan cloud computing. Pendidik dapat dengan cepat dan efisien berbagi catatan dan rencana pelajaran.

Penggunaan buku teks yang ketinggalan zaman dapat dihindari, serta memberikan siswa akses mudah ke berbagai sumber daya seperti nilai, forum diskusi, dan daftar kelas.

5. Menjaga Keamanan Data Siswa dan Guru

Menyimpan data secara internal memiliki risiko diretas atau hilang. Namun, dengan cloud computing, risiko kehilangan data menjadi minimal karena tingkat keamanan data yang tinggi. Ini menjadikan cloud computing sebagai pilihan yang lebih aman untuk menyimpan data daripada menyimpannya di komputer internal.

Kesimpulan

Pemanfaatan cloud computing dalam pendidikan telah membawa banyak manfaat. Kemudahan akses, pengurangan biaya, dan keamanan data adalah beberapa keuntungan utamanya.

Dengan cloud, pengajaran online, metode pembelajaran modern, dan penghematan perangkat keras menjadi lebih mudah. Maka dari itu, manfaatkan layanan Cloud VPS Murah terpercaya seperti dari Nevacloud untuk memperlancar keberlangsungan kegiatan belajar mengajar di sekolah. (***)

Leave A Reply

Your email address will not be published.