Berita Nasional Terpercaya

5 Cara UMKM Menggunakan TikTok Untuk Digital Marketing

0

Bernas.id – TikTok sekarang menjadi platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat. Dengan lebih dari 850 menit dihabiskan setiap bulan di aplikasi, dan 1 miliar pengguna aktif bulanan, TikTok adalah platform yang harus dilirik pelaku bisnis, baik level UMKM maupun perusahaan besar.

Meskipun TikTok sangat populer secara global, masih banyak pemilik bisnis ragu untuk aktif di platform buatan Cina tersebut. Padahal, ada banyak alasan mengapa menggunakan TikTok adalah langkah besar yang perlu ditempuh dalam strategi digital marketing UMKM.

Baca juga: 10 Keuntungan Bisnis Karena Internet Marketing

Salah satu alasan krusialnya adalah TikTok berfokus pada keaslian dan kreativitas penggunanya. Jadi, platform sangat memungkinkan untuk menampilkan karakteristik khas produk UMKM Anda. Sehingga konten yang dihasilkan akan memancing target audiens sesuai dengan produk yang ditawarkan. 

Alasan kedua adalah platform TikTok memudahkan pengguna yang tidak mengikuti akun Anda untuk menemukan konten yang sedang Anda pasarkan. Cara kerja platform ini tidak hanya menampilkan video kepada pengguna dari akun yang mereka ikuti. Algoritma aplikasi ini mampu menampilkan konten dari akun-akun yang tidak mereka ikuti, tetapi dianggap dapat dinikmati penontonnya.

Sebelum terjun dan membuat TikToks, penting untuk mengetahui audiens Anda. Pelaku bisnis perlu mengetahui banyak hal terkait audiens, seperti siapa mereka, apa yang mereka sukai, untuk apa mereka menggunakan TikTok, dan masih banyak lagi.

Dengan cara tersebut di atas, Anda sebagai pelaku UMKM akan memiliki gagasan yang lebih jelas tentang jenis konten yang ingin Anda posting. Sebagai gambaran besarnya, berikut ini adalah sejumlah cara bagaimana pelaku UMKM bisa menggunakan dan memaksimalkan TikTok untuk perkembangan bisnisnya.

  1. Konten di Balik Layar
  2. Tutorial Produk
  3. Peluncuran Produk/Layanan Baru
  4. Siapa Saja di Balik Produk UMKM Anda
  5. Kiat dan Saran

 

 

1. Konten di Balik Layar

Orang biasanya tertarik pada “rahasia” bisnis, dan mengetahui apa yang terjadi di balik layar. Misalnya, saat Anda mengunggah konten yang menunjukkan bagaimana sebuah pesanan diproses. Maka, konten itu akan menunjukkan kepada pelanggan bagaimana perhatian karyawan dan manajemen fokus pada layanan terbaik di setiap pesanan.

Baca juga: 5 Alasan UMKM Harus Memasarkan Produknya di TikTok

 

2. Tutorial Produk

Anda juga dapat menunjukkan bagaimana orang harus menggunakan produk atau layanan Anda. Konten semacam ini jadi sangat menarik terutama bila produk Anda bukan barang sehari-hari. Jika pun produk UMKM tersebut adalah bisnis sehari-hari, coba buatlah konten tutorial bagaimana mengolah produk secara kreatif dan tidak biasa. 

3. Peluncuran Produk/Layanan Baru

Jika Anda memiliki peluncuran produk atau bisnis baru, Anda dapat membangun sensasi terkait hal tersebut. Sensasi ini harus bersifat positif dan tidak membawa sentimen negatif sama sekali. Sehingga, ketika produk/layanan baru itu diluncurkan, banyak orang akan mengetahuinya, penasaran, dan siap untuk membeli.

 

4. Siapa Saja di Balik Produk UMKM Anda

Sangat mudah menemukan orang berbicara di berbagai konten TikTok. Karena itu pelaku UMKM bisa memanfaatkan celah tersebut sebagai strategi digital marketing. Anda bisa menampilkan seseorang atau beberapa orang yang berada di balik layar produk.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Digital Marketing di Instagram

Anda bisa menampilkan kasir, koki, atau siapa saja yang berjasa dalam proses menghasilkan produk hingga berada di tangan konsumen. Dengan menambahkan elemen manusia dalam aktivitas pemasaran digital di TikTok, maka banyak pengguna akan bersimpati dan berinteraksi dengan brand UMKM Anda.

5. Kiat dan Saran

Konten kiat dan saran sangat tergantung pada sektor industri UMKM berada. Anda dapat menawarkan kiat, trik, atau keahlian yang terkait dengan produk atau layanan produk. Dengan begitu, Anda menyajikan sebuah konten solutif dan kreatif terkait permasalahan audiens.

Memulai kehadiran produk UMKM Anda di platform TikTok memang penuh tantangan dan keraguan. Oleh sebab itu, salah satu hal vital menjalankan praktik digital marketing bagi UMKM di TikTok adalah konsistensi dan eksplorasi tanpa henti. Sebagai referensi kenapa TikTok begitu kuat di tahun 2022 ini, Anda bisa membaca artikel berjudul 7 Fakta TikTok bagi UMKM dan Praktik Digital Marketing 2022.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.