Berita Nasional Terpercaya

Turki Siap Hapus Pelajaran Teori Evolusi di Sekolah Dasar

0

HarianBernas.com –  Teori evolusi tidak akan lagi diajarkan di Turki sejak jenjang SD sebagai bagian dari kurikulum nasional terbaru. Otoritas Turki menyebut evolusi merupakan “subjek kontroversial.”

Presiden Recep Tayyip Erdogan secara personal menyetujui rencana perubahan, sebagai bagian dari kurikulum terbaru yang akan diumumkan bulan ini.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Walaupun berbagai bukti ilmiah dan historis terkait teori evolusi banyak ditemukan di berbagai belahan dunia, Kepala Kurikulum di Kementerian Pendidikan Turki, Alpaslan Durmus menandaskan bahwa satu bagian dari teori Darwinisme akan dihapus dari pelajaran biologi mulai 2019.

“Kami telah menyisihkan subjek-subjek kontroversial untuk siswa di usia yang belum memahami latar belakang sains,” ujar Durmus di sebuah seminar di Ankara, seperti dilansir Hurriyet Daily News, Jumat 23 Juni 2017. 

“Karena siswa SD belum mampu berdiskusi mengenai 'Awal Kehidupan dan Evolusi' di pelajaran biologi, maka bagian tersebut akan ditunda hingga bangku kuliah nanti,” sambungnya.

Durmus mengatakan, anak-anak SD masih akan diberikan “sudut pandang mengenai evolusi” dan mempelajari biologi evolusioner di tahun kelima. 

Mengklaim kurikulum terbaru ini lebih sederhana, Durmus mengatakan Pemerintah Turki berusaha mendidik anak-anak dengan tetap sejalan pada “nilai-nilai lokal dan nasional”.

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

Leave A Reply

Your email address will not be published.