Berita Nasional Terpercaya

Penyakit Jantung Menjadi Pembunuh Nomor 1 di Indonesia! Yuk, Lindungi Jantung Anda dengan 7 Cara Ini!

0

Bernas.id – Apakah Anda ingin menikmati hidup lebih lama? Jika jawabannya “ya”, maka Anda harus menjaga jantung Anda mulai sekarang. Jantung adalah organ penting di dalam tubuh manusia yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh agar kehidupan tetap berlangsung. Namun, jika kerja jantung menemui masalah maka jantung akan berhenti berdenyut, yang artinya pupus sudah kehidupan kita.

Penyakit jantung tergolong ke dalam penyakit kardiovaskular yang paling mematikan. Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2012 sebanyak 17,5 juta warga dunia meninggal akibat penyakit ini. Dan, di Indonesia penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu, jumlahnya mencapai 12,9 % berdasarkan hasil survei Sample Registration System (SRS) pada tahun 2014.

Nah, bagaimana agar Anda bisa terhindar dari masalah jantung? Berikut disajikan 7 tips mencegah penyakit jantung:

1. Menghindari Rokok

Merokok menjadi faktor yang paling signifikan seseorang berisiko terjangkit penyakit jantung. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok menyebabkan penyempitan arteri yang berakibat serangan jantung.Kandungan oksigen dalam darahpun kian menipis akibat tergantikan karbon monoksida dari asap rokok, sehingga memaksa jantung bekerja lebih berat.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Diet kaya buah, mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan biji-bijian dapat membantu melindungi jantung. Juga direkomendasikan mengkonsumsi kacang-kacangan, produk susu bebas lemak, namun tetap pertahankan lemak sehat dari sumber nabati, dan menghindari kelebihan garam dan gula dalam makanan.

3. Konsisten Berolahraga 30 Menit Setiap Hari

Olah raga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Karena aktivitas fisik ini membantu mengurangi kondisi yang menyebabkan tekanan pada jantung, misalnya tekanan darah dan kolesterol tinggi dan diabetes.

4. Mempertahankan Berat Badan yang Sehat

Salah satu cara mengetahui apakah berat badan anda sehat yaitu dengan menghitung indek masa tubuh (BMI) atau dengan mengukur lingkar pinggang. Pada pria batas normalnya adalah 101,6 cm, jika ukurannnya lebih besar maka dianggap kelebihan berat badan. Sedangkan pada wanita dikatakan kelebihan berat badan jika ukuran pinggangnya melewati 88,9 centimeter.

5. Mengelola Stres

Hindari stres yang dapat merusak kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat, melakukan latihan relaksasi atau meditasi

6. Tidur Cukup dan Berkualitas

Ternyata kurang tidur dapat membahayakan kesehatan, karena dapat meningkatkan resiko obesitas, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes dan depresi. Maka, Anda disarankan untuk cukup tidur tujuh sampai sembilan jam setiap malam.

7. Memeriksa Kesehatan Secara Berkala

Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi bisa merusak jantung Anda. Namun, tanpa pemeriksaan, mustahil Anda bisa mengetahui apakah Anda memiliki kondisi tersebut. So, Lakukan pemeriksaan rutin mengenai kondisi kesehatan Anda, terutama tekanan darah, kolesterol, dan diabetes yang sangat potensial mengembangkan penyakit jantung.

 

Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengindari masalah pada jantung Anda. Perubahan gaya hidup dan konsisten menjalani gaya hidup sehat adalah jalan terbaik. Karena semakin sehat jantung Anda, Anda berpotensi hidup lebih lama sehingga Anda bisa menghidupkan hidup Anda untuk kebermanfaatan orang-orang di sekitar Anda dan tentunya untuk beribadah pada Alloh SWT. Meskipun tentu saja urusan maut, jodoh dan rezeki adalah rahasia sang maha pemilik semesta ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.