Berita Nasional Terpercaya

Gap Year, Lakukan Kegiatan-kegiatan Ini Sambil Menunggu Pendaftaran Kuliah Tahun Depan

0

BERNAS.ID – Bulan Juli sampai September adalah bulan penting bagi pendidikan Indonesia. Pasalnya pada bulan-bulan itu, para lulusan SMA, SMK, dan MA mulai mendaftar dan masuk ke perguruan tinggi. Walau begitu, tidak semua lulusan tersebut beruntung. Ada di antara mereka yang meski telah mendaftar ke beberapa perguruan tinggi, tetapi belum juga mendapatkan kampus yang cocok, sehingga harus menunggu tahun depan. Orang-orang yang tidak kuliah pada tahun pertama setelah mereka lulus itu kerap disebut sebagai gap year. Kalau Anda salah satu di antara mereka, berikut adalah beberapa hal produktif yang bisa Anda lakukan sembari menunggu pendaftaran kuliah tahun depan, sebagaimana dilansir dari Cosmopolitan.

Menjadi Relawan

Menjadi relawan adalah kegiatan produktif yang bisa Anda coba sembari menunggu pendaftaran kuliah tahun depan. Pasalnya, lembaga-lembaga sosial biasanya membutuhkan banyak relawan untuk membantu berbagai kegiatan mereka, mulai dari mengumpulkan dana untuk membiayai eventevent amal. Pekerjaan ini biasanya tidak membutuhkan waktu lama, sehingga sangat cocok untuk mengisi waktu luang sembari menunggu pendaftaran kuliah tahun depan. Tidak hanya lembaga sosial yang ada di dalam negeri, Anda juga bisa menjadi relawan lembaga sosial di luar negeri. Beberapa lembaga sosial biasanya mengundang relawan dari luar negeri untuk kegiatan-kegiatan tertentu.

Magang untuk Mendapatkan Pengalaman Kerja

Kegiatan produktif lain yang bisa Anda lakukan sembari menunggu pendaftaran kuliah tahun depan adalah magang untuk mendapatkan pengalaman kerja. Carilah perusahaan yang membuka program magang bagi lulusan SMA sederajat. Selain itu, carilah program magang yang tidak terlalu menyita waktu, sehingga Anda tetap bisa fokus menyiapkan pendaftaran kuliah. Magang di perusahaan akan memberikan pengalaman tersendiri untuk Anda. Hal itu juga akan memberikan nilai tambah di curriculum vitae (CV) Anda.

Bekerja Paruh Waktu

Anda juga bisa mencoba bekerja paruh waktu selama menunggu pendaftaran kuliah tahun depan. Carilah pekerjaan paruh waktu yang memberi pemasukan lumayan bagi Anda, sehingga Anda juga bisa menabung sembari menunggu pendaftaran kuliah tahun depan. Anda misalnya bisa memilih pekerjaan sebagai agen produk tertentu yang bisa Anda jual secara online. Meski tidak memberi nilai tambah pada curriculum vitae (CV), tetapi kegiatan ini bisa memberi nilai tambah secara finansial.

Ikut Kursus

Sembari emnunggu pendaftaran kuliah tahun depan, Anda juga bisa mengikuti kursus tertentu untuk meningkatkan kapasitas diri Anda. Beberapa kampus, selain menyelenggarakan program S1 atau D3, biasanya juga menyelenggarakan program kursus pendek yang sesuai dengan bidang mereka. Anda misalnya bisa mengikuti kursus bahasa asing, kursus multimedia, kursus perhotelan, dan lain-lain. Dengan mengikuti kursus-kursus tersebut skill Anda akan bertambah, sehingga nantinya Anda akan lebih mudah mendapat pekerjaan

Leave A Reply

Your email address will not be published.