Berita Nasional Terpercaya

Cara Menggunakan Teknik SEO Off Page, Yuk Simak Penjelasannya

0

BERNAS.ID – Teknik SEO ada 3 metode, yaitu SEO On Page SEO Off Page, dan Technical SEO. Ketiga metode tersebut sangat dibutuhkan agar membuat sebuah website dapat memiliki performa yang sangat baik, supaya mampu mendapatkan peringkat yang terbaik dan tertinggi di halaman mesin pencarian Google.

Pada artikel kali ini, kami membahas tentang teknik yang digunakan dalam SEO Off Page.

Mengapa SEO Off Page dibutuhkan?

SEO Off Page memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan peringkat sebuah website. 

Strategi SEO Off Page ini dapat memberi tahu mesin pencari bahwa situs website Anda memiliki konten yang sangat berkualitas dan bermanfaat, sehingga pantas untuk memperoleh peringkat tinggi.

Sebagai contoh, salah satu Teknik SEO Off Page ialah penggunaan backlink. Sudah Pasti Google akan menganggap bahwa website yang memiliki banyak backlink mengindikasikan bahwa website tersebut memiliki kualitas yang baik dan dipercaya oleh banyak penggunanya, dan semakin banyak backlink yang didapatkan oleh suatu website maka akan semakin tinggi pula otoritas yang didapatkan. 

Baca Juga : Ini Perbedaan SEO dan SEM

Dengan demikian peringkat website akan semakin meningkat. Dengan asumsi bahwa backlinks yang didapatkan tersebut adalah berasal dari website yang memiliki kredibilitas yang tinggi pula. 

Ada 3 Teknik SEO Off Page

1. Mencari dan Mendapatkan Backlink Berkualitas

Seperti penjelasan diatas bahwa mendapat backlink bisa memberi pengaruh positif untuk website Anda. 

Sampai saat ini Google masih menggunakan link sebagai salah satu faktor utama untuk menentukan nilai dari sebuah website.

Membangun backlink dalam SEO Off Page ini lebih mengutamakan kualitas dibanding kuantitas. Anda harus tahu benar dari mana link tersebut berasal. Agar backlink tersebut dapat memberi dampak yang sangat positif, maka diharapkan link tersebut berasal dari situs website yang memiliki otoritas yang sangat bagus.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan backlink berkualitas. Contohnya ialah dengan memberikan konten yang sangat informatif atau konten yang bisa bekerja sebagai sumber data bagi pengguna website lainnya. 

Bisa juga dengan melakukan guest blogging ke website dengan otoritas yang baik untuk mendapat backlink.

2. Mendapatkan Lebih Banyak “Brand Signals”

Brand signal yang Anda bangun dapat dipakai oleh Google untuk mengetahui apakah situs website Anda adalah situs web yang sah. Dengan Brand signal, juga berguna meningkatkan otoritas website anda. 

Anda bisa menggunakan sosial media yang banyak digunakan target audiens Anda. Cari tahu apakah mereka itu lebih menyukai menggunakan Instagram, Facebook, Instagram, Twitter atau yang lainnya.

Brand signal dari social media tetap dapat membantu SEO off page, karena platform sosial media tersebut sangat mudah untuk menjangkau konsumen dan lebih banyak orang akan mengenal brand Anda.

3. Mendaftar Google My Business (GMB)

Google My Business merupakan layanan dari Google yang memberikan akses kepada para pemilik bisnis untuk mengelola kehadiran brand online mereka di Google. Pemilik bisnis bisa mencantumkan informasi kontak, mengelola customer review, serta dapat muncul di halaman Google Maps.

Google My Business memiliki eksistensi penting untuk bisnis lokal secara online. Diketahui bahwa sekitar 46 % pencarian di Google dilakukan untuk mencari informasi local. 

Dengan bergabung dengan Google My Business maka bisnis dan web Anda akan ditampilkan pada GMB listing saat Pengguna mencari queri atau keyword dengan lokasi spesifik di dalamnya.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan peringkat lokal Anda:

– Mendeskripsikan bisnis anda dengan baik, jelas dan tepat.

– Mengunggah lebih banyak foto / gambar dengan kualitas yang bagus.

– Memantau & Mengelola review yang Anda peroleh dari customer.

Sekian pembahasan Tentang SEO Off Page, Semoga Bermanfaat.

 

(Harry Patty)

Leave A Reply

Your email address will not be published.