Berita Nasional Terpercaya

Walaupun Pernah Dipenjara, Tokoh Ini Sukses Mendirikan Mitsubishi

0

HarianBernas.com – Tahukah kalian bahwa pendiri perusahaan Mitsubishi merupakan seseorang anak petani miskin yang pernah dipenjara selama tujuh bulan sebab membela ayahnya yang sedang bertikai dengan ketua desa setempat?

Dialah Yataro Iwasaki, seorang anak dari daerah pedalaman Jepang yang sukses tidak hanya dalam mengubah takdirnya tetapi pula memajukan negeranya pada mata dunia. Seperti apakah kisah perjalanan Yataro Iwasaki pada menjalankan usaha Mitsubishi ini?

Sebagai anak desa pedalaman, Iwasaki muda sangat berambisi untuk mampu mengubah nasibnya. Pada usia ke-19, ia  merantau ke kota Edo (Tokyo). Di sana, Iwasaki bekerja pada klan Tosa, salah satu klan yang merangsang anak-anak muda untuk berbisnis. Di sinilah laki-laki  kelahiran 9 Januari 1835 ini menerima pengalaman pertama di dunia bisnis.

Pada tahun 1870, dua tahun pasca Restorasi Meiji, Iwasaki mendirikan Tsukumo Shokai, sebuah perusahaan perkapalan yang artinya cikal bakal perusahaan Mitsubishi. Di bulan Maret 1873, Tsukumo Shokai pun diganti dengan nama Mitsubishi yang berasal dari 2 kata yaitu Mitsu yang merupakan tiga serta Hishi diartikan sebagai berlian. Mitsubishi yang berarti ?tiga Berlian? ini kemudian menjadi simbol resmi Mitsubishi Motors sampai sekarang.

Saat menjalankan perusahaan Mitsibishi, Iwasaki sangat dekat dengan orang-orang pemerintahan. Kedekatannya dengan orang-orang pemerintahan ini bukan tanpa maksud. Dia mempunyai strategi khusus untuk mampu menyebarkan bisnisnya dengan para pejabat pemerintah.

Hasilnya, Yataro Iwasaki kemudian sering menerima subsidi rutin. Selain itu, ia juga banyak diminta pemerintah untuk mengerjakan proyek-proyek besar . Dengan adanya hal ini tentu saja, usaha Iwasaki terus  berkembang. Ia kemudian menambah jenis usahanya ke bidang finansial, pertambangan serta lain sebagainya.

Di tahun 1880 Mitsubishi mendapat dampak jelek dari terjadinya pergolakan politik di mana kekuasaan pemerintah yang mendukung Mitsubishi mulai melemah. Ditambah lagi kemunculan perusahaan sejenis yang menjadi saingan berat Mitsubishi.

Untuk menghadapi cobaan ini, Iwasaki terus beranjak untuk melebarkan bisnisnya. Kali ini bidang pelayaran dan  logistik seperti perbankan, premi bahari, media masa serta otomotif sebagai sasarannya.

Yataro Iwasaki pun kemudian menjadi konglomerat yang memiliki kekayaan yang mencapai nomor  satu juta yen ketika itu.

Dengan kekayaannya tadi, Iwasaki menjadi salah  satu orang terkaya di jagat usaha Jepang. Iwasaki memang selalu yakin bahwa dirinya bisa dan mampu mengelola banyak sekali jenis bisnis dengan latar belakang tidak sama.

Iwasaki sendiri berprinsip tak ada yang tidak mungkin selama mau belajar dan  terus belajar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.