Berita Nasional Terpercaya

Meskipun Terlihat Sepele Namun Kebiasaan Unik ini Dapat Mencerdaskan Otak

0

HarianBernas.com – Kebiasaan setiap hari yang dilakukan secara terbalik mungkin terlihat mudah, namun ternyata dapat menjadi latihan untuk kesehatan otak Anda. Dan beberapa aktivitas unik ini ternyata juga dapat mengasah kemampuan otak dan mencegahnya untuk kehilangan ingatan.

Latihan otak ini melibatkan sense fisik dan emosional. Mulai dari indra pengelihatan, penciuman dan sentuhan hingga rasa dan juga pendengaran. Aktivitas sederhana ini akan memicu produksi nutrisi di otak yang akan membuat sel ? sel di dalam otak semakin kuat. Jika Anda ingin melatih otak Anda, berikut contoh sederhana yang dapat Anda praktekaan.

Cobalah menyikat gigi menggunakan tangan kiri yang biasanya menggunakan tangan kanan

Sebuah penelitian membukttikan bahwa lahitan otak seperti ini dapat mempercepat prosess informasi. Latihan tersebut juga dapat memjaga keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri serta Anda dapat menjadi lebih fokus menerima banyak hal baru dari luar.

Mengganti kebiasaan yang selalu rutin Anda lakukan setiap pagi

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengawali hari Anda, maka jangan pernah melewatkan waktu pagi hari. Ubahlah kebiasaan rutin Anda pada pagi hari seperti mencuci muka menjadi berolah raga. Atau mencoba berbagai macam hal yang ajan meningkatkan level aktivitas otak

Tingkatkan indera perasa Anda dengan cara menutup mata ketika mandi

Ketika mata Anda tertutup maka secara otomatis indera Anda yang lain akan menjadi lebih kuat. Ketika mandi Anda dapat memanfaatkan tangan Anda untuk merasakan temperature dan bagian tubuh Anda.

Menggati posisi benda dari horizontal menjadi vertikal dan sebaliknya

Ubahlah posisi benda ? benda di sekitar Anda seperti buku, foto dan jam atau smartphone Anda menjadi posisi vetikal. Otak kanan Anda akan mulai menginterpretasikan bentuk dan warna serta hubungan antar benda ? benda yang ada di sekitar Anda.

Mengkonsumsi makanan yang belum pernah Anda makan sebelumnya

Pilihlah menu makanan yang rasanya belum pernah Anda cicipi dan terasa baru di lidah serta hidung Anda. Jika Anda sudah terbisa mengkonsumsi makanan Indonesia yang menggunakan banya bumbu dan beraroma harum, maka cobalah untuk merasakan masakan dari negara lain yang mungkin sama sekali tidak menggunakan bumbu. Hal ini akan menumbuhkan sugesti positif pada diri dan otak Anda, bahwa mencoba hal baru akan menimbulkan banyak hal positif.

Ganti posisi duduk supaya pemandangan yang Anda lihat berganti setiap hari

Ketika berada di kelas atau kantor, di dalam bus dan bahkan di tempat nongkrong setiap orang memiliki tempat favorit sendiri. Maka cobalah untuk mengubah letak Anda duduk dan latihlah indera Anda untuk melihat dan menerima pemandangan baru.

Bekerja kelompok akan melatih emosional otak Anda

Bekerja secara kelompok akan melatih emosional Anda. Terlebih proyek yang sedang Anda kerjakan berhubungan dengan kesenian, maka akan semakin kuat penguatan emosional otak Anda

Membuka jendela mobil

Anda dapat membangun mental dengan melakukan hal ini karena hippocampus, yaitu bagian yang berguna untuk memproses informasi akan mengasosiasikan aroma, suara dan hal apa saja yang Anda lihat. Maka biasakan membuka jendela mobil ketika sedang berkendara.

Melatih indera penciuman dengan merasakan aroma baru ketika bangun tidur

Cobalah untuk mencium bau pengharum ruangan, bunga atau aroma lain yang baru ketika bangun tidur. Supaya dapat melatih indera penciuman Anda.

Scan setiap benda yang ada di supermarket

Banyak berbagai macam barang di supermarket atau tempat belanja lain yang ditata hingga bertingkat ? tingkat. Dari hal tersebut Anda dapat melatih pengelihatan mata untuk melihat berbagai detail barang.

Memainkan 10 hal yang berbeda supaya otak memiliki banyak alternatif berpikir

Memiliki berbagai macam alternatif berfikir dapat membuat otak menjadi semakin kuat. Anda dapat melakukannya dengan cara memainkan 10 benda seperti alat musik atau benda sederhana seperti alat pemukul nyamuk. Yang terpenting pilihlah benda dengan cara kerja yang berbeda.

Memainkan koin dapat melatih sense tangan

Kegiatan sepele dan iseng ini dapat meningkatkan aktivasi didaeah kortikal yang memproses informasi dan menguatkan sinapsis. Cobalah untuk memasukan uang koin dalam saku baju atau celana Anda dan mainkan menggunakan tangan.

Membaca buku dengan cara yang berbeda supaya dapat mengubah sirkuit otak

Jika Anda terbiasa membaca buku hanya dibatin saja maka cobalah untuk membaca dengan keras atau mengubag posisi tubuh Anda ketika membaca. Dari yang biasa duduk maka cobalah untuk tidur terlentang sambil membaca novel favorit Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.