Berita Nasional Terpercaya

Budaya Maulid di Kota Bangkalan Asik, Ikutan Yuk!

0

Bernas.id ? Bulan Maulid merupakan bulan umat muslim merayakannya dengan gembira dan bahagia atas peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW. Beliau nabi terakhir dan diutus oleh Allah Subhanahu Wa Ta?ala untuk umatnya agar membimbing dengan akhlakul karimah.

Peringatan Maulid Nabi di Madura memiliki ciri khas. Madura merupakan salah satu kepulauan yang memiliki empat wilayah kabupaten yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Peringatan hari Maulid Nabi pun memiliki cara-cara yang berbeda seperti halnya kota Bangkalan dan Pamekasan, sudah berbeda cara dalam merayakannya. Kali ini warga kabupaten Bangkalan seperti di Kecamatan  Klampis, Sepulu, Arosbaya, merayakan Maulid Nabi di setiap rumah. Perayaan ini bisa dilakukan sehari semalam penuh.

Sekitar 500 warga yang berada di Kecamatan Klampis memperingati dan menghadiri acara Muludan. Salah satunya di rumah Ulfatul Mukarromah. Para warga hadir dan antusias mengikuti jalanya acara Muludan di rumah Ibu Ulfah. Tidak hanya para ibu dan bapak saja akan tetapi anak-anak dan para remaja juga menghadiri acara tersebut. Warga Kecamatan Klampis merayakan Maulid Nabi dengan banyak makanan dan bingkisan yang disuguhkan bahkan tak lupa uang amplop yang diberikan kepada sanak saudara dan keluarganya.

Ada banyak versi tentang merayakan Maulid Nabi di Bangkalan, contoh di Bangkalan Kota berbeda dengan Kecamatan Klampis yang dirayakan rumah per rumah. Tetapi di kota dijadikan satu, yakni di masjid dan hanya mendapatkan ?berkat? saja. Perayaan Maulid Nabi ini seringkali dijadikan momen kebersamaan bersama keluarga teman dan sahabat bahkan dengan tetangga.  

Cara unik yang dilakukan oleh warga yakni dengan menaruh balon di atap, sabun cuci, dan snack. Bertujuan untuk menambah semangat silaturrahmi dan dengan ditaruh di atap maka masyarakat bisa menyukuri apa yang telah diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Juga dengan maksud mengingat akhlak Nabi Muhammad SAW yang senang berbagi kebahagiaan dan berbagi rezeki yang diberikan oleh Allah. ?Saya senang dengan adanya maulud ini, semoga saya mendapat apa yang saya harapkan dan syafa?at dari Nabi Muhammad SAW,? ujar Ulfatul Mukarromah. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.