Berita Nasional Terpercaya

Summer School ke-7 UMY Kuatkan Hubungan Indonesia dengan Internasional

0

BANTUL, BERNAS.ID-UMY kembali mengadakan Summer School ke-7 untuk semakin menciptakan suasana akademik bernuansa internasional. Program ini dimaksudkan untuk semakin mempererat hubungan antara Indonesia dan sejumlah negara di dunia, khususnya UMY.

Pada Summer School ke-7 ini akan dibuka 7 program secara bersamaan di Kampus Terpadu UMY, seperti IDDS (International Dental Summer School), IPSS (International Pharmacy Summer School), ITMSS (International Tropical Medicine Summer School), dan SCLS (Summer Course of Law and Syariah), dan lainnya.

Dr Ir Gunawan Budiyanto, MP selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengungkapkan bahwa kegiatan pembukaan Summer school ini merupakan salah satu sarana untuk menunjukkan kualitas UMY sebagai international-friendly campus. ?Dengan memperkenalkan UMY sebagai Kampus yang intenational-friendly yang juga sesuai dengan Credo kampus Young and Global, diharapkan UMY dapat dikenal oleh masyarakat di kancah intemasional,? kata Rektor Gunawan, Senin 22 Juli 2019.

“Saya mengucapkan selamat datang bagi para peserta. Ini merupakan momen yang tepat untuk memperkuat hubungan antarnegara,” imbuhnya.

Kegiatan pembukaan Summer School ini akan dihadiri oleh 162 peserta yang terdiri dari 25 negara yang akan tersebar ke 7 Program yang tersedia. Seperti yang diungkapkan oleh Eko Priyo Purnomo MRes, Phd (Kepala Lembaga Kerjasama UMY) beliau berharap dengan adanya Summer School yang dilaksanakan di UMY tahun ini, diharapkan mampu mempererat jaringan internasional bagi mahasiswa UMY serta mampu memberikan pengalaman bagi mahasiswa asing selama menjalani program Summer School. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu mengintegrasikan program Summer School antarfakultas di UMY. 

Dalam rangkaian acara kegiatan pembukaan Summer School, konsep dari acara ini diawali dengan parade peserta Summer School sehingga mampu memberikan atmosfer internasional, lalu dilanjutkan dengan opening remarks dan welcoming speech oleh pimpinan universitas, panitia acara, serta salah satu mahasiswa asing peserta Summer School.

Yordan Gunawan, Kepala Kantor Urusan Internasional UMY mengatakan para peserta akan mengikuti pembelajaran sesuai bidangnya. “Selain itu akan mengikuti aktivitas yang bersifat budaya mengenal Yogyakarta, mengenal budaya Jawa misal akan berkeliling di Kraton, terutama mengenalkan Muhammadiyah dengan mengunjungi Kauman” ujarnya.

“Kalau yang kedokteran, mereka akan keliling di puskesmas-puskesmas untuk melihat pegiat kesehatan di Yogyakarta.Di samping juga ada aktivitas tropical medicine karena di sana mereka tidak mengenal malaria,” imbuhnya.

Di sela-sela acara dan diakhir acara, para tamu undangan dan peserta Summer School akan disuguhi dengan berbagai macam hburan seperti, penampilan musik angklung, tari persembahan dan tari hiburan asli Indonesia. Selain itu mahasiswa pesona Summer School yang terpilih juga ikut serta meramaikan kegiatan pembukaan kali ini dengan memberikan penampilan budaya asli dari negara mereka. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.