Berita Nasional Terpercaya

UAD Yogyakarta Gelar Job Fair dan Expo 2019

0

BANTUL, BERNAS.ID – Job fair dan expo sekaligus peluncuran sistem integrasi kampus alumni dan industri (Sikali) diadakan Career Development Center (CDC) Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Kampus Utama UAD Jl Ringroad Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, 18-19 Nopember 2019.

Rektor UAD, Dr Muchlas MT, mengatakan, Sikali itu sebagai sarana bagi mahasiswa dan alumni untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan tenaga kerja industri dan instansi.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

Tahun 2015-2020 diprediksi ada 1,5 miliar tenaga kerja manual akan kehilangan lapangan pekerjaan. “Karena telah digantikan oleh mesin atau robot,” tandas Muchlas, yang menambahkan kemajuan teknologi informasi telah mengubah permintaan tenaga kerja dari dunia usaha dan industri.

Selain membekali ilmu, UAD juga membekali mahasiswa kemampuan soft skills atau employability skills melalui kegiatan formal dan informal.
“Mahasiswa dapat merintis sebagai startup setelah mengikuti kewirausahaan,” kata Muchlas, yang berharap mahasiswa yang ikut startup kuliahnya tidak berantakan agar IP-nya bisa tinggi.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, Dr Dedi Pramono, MHum, mengatakan, kali ini ada 18 stand mitra UAD Yogyakarta dan 8 Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah yang meramaikan UAD Expo 2019 yang terbuka untuk umum. “Kami ingin menjalin relasi yang baik antara kampus, perusahaan dan alumni UAD Yogyakarta,” kata Dedi Pramono, Senin (18/11/2019).

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

Menurut Dedi, perguruan tinggi memiliki hubungan sangat kuat dengan alumni dan dunia kerja. “Untuk itu kami akan menyiapkan alumni agar siap masuk dunia kerja,” kata Dedi Pramono, yang menjelaskan kegiatan itu dilaksanakan dua kali dalam setahun sebagai pertemuan antara penyedia dan kebutuhan tenaga kerja.

Pihaknya, kata Dedi, membantu upaya peningkatan keterserapan lulusan UAD Yogyakarta agar bisa memasuki dunia kerja lewat berbagai informasi peluang kerja.

Berkaitan kegiatan itu, dijelaskan Dedi, untuk membantu dan memfasilitasi alumni UAD Yogyakarta yang baru saja diwisuda dan perguruan tinggi lainnya di Yogyakarta yang belum mendapat pekerjaan.

Ditambahkan Hendy Ristiono, SFar, MPH Apt, Kabid CFC Bimawa UAD, selain adakan job fair dan expo kegiatan itu ada seminar perencanaan karir dan job training bagi alumni dan mahasiswa aktif UAD Yogyakarta di Ruang Serbaguna lantai 10 Kampus Utama UAD Yogyakarta.

Menurut Hendy, job training itu untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja dalam menghadapi dunia kerja. “Terlebih bagi wisudawan yang baru lulus,” kata Hendy.

Baca juga: Inilah 10 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi di Berbagai Profesi

Bagi Hendy, perusahaan tidak hanya butuh ratusan orang karyawan, tapi cari lulusan perguruan tinggi terbaik yang memiliki hard skills yang andal, soft skills dan social emosional intelligent yang teruji.

Pada kesempatan itu, Bella Kartika, SFarm, Apt (wirausaha muda dan alumni Fakultas Farmasi UAD) dan Meilando Pringgodani, SSi (Geopgysical Consultants PT Asi Pudjiastuti Geosurvey dan PT Prima Energy Resources) sampaikan materi pengembangan dan perencanaan karir.

Seperti dijelaskan Danang Sukantar, MPd, Kabid Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni Bimawa UAD, peserta seminar mendapat gambaran langsung permasalahan dunia kerja yang diharapkan bisa siap dalam memasuki dunia kerja.

“Selain ada pelatihan perencanaan karir, ada job training dan workshop kewirausahaan,” kata Danang, yang berharap mereka bisa menjadi startup dan setelah lulus menjadi unicorn. (fan)

Baca juga: Jurusan Ilmu Komunikasi: Info Kuliah, Pekerjaan, dan Universitas

Leave A Reply

Your email address will not be published.