Berita Nasional Terpercaya

Wakil Bupati Sleman Ajak Kenang Jasa Para Pahlawan di Hari Kedaulatan Negara

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa memperingati Hari Peringatan Penegakan Kedaulatan Negara di Monumen Jogja Kembali, Rabu (1/2/2023). Peringatan Hari Kedaulatan diisi dengan berbagai kegiatan seperti pelaksanaan upacara bendera dan lomba mural.

Danang Maharsa mengatakan, peringatan Hari Penegakan Kedaulatan menjadi momen penting untuk menumbuhkan kesadaran kebangsaan. Ia menilai peringatan ini tak hanya untuk mengenang jasa pahlawan, tapi sekaligus menjadi sarana edukasi bagi generasi muda.

“Momen-momen peringatan ini saya harap bisa dijadikan sebagai pembelajaran bagi anak-anak kita bahwa dulu sejarah pernah terjadi di sini, khususnya di Kabupaten Sleman, di Monumen Yogya Kembali, yaitu Serangan Umum 1 Maret,” tutur Danang.

Baca Juga Bupati Gunungkidul Resmikan Kantor Klasis Gereja Kristen Jawa

Wakil Bupati menyampaikan pesan penting dari Hari Kedaulatan Negara adalah sikap masyarakat untuk memaknai kemerdekaan yang sudah diberikan para pahlawan. Ia pun mengajak masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

“Untuk ke depan, mudah-mudahan acara ini bisa berlangsung secara berlanjut dan memberikan edukasi kepada anak-anak kita. Yang pasti ini peringatan yang harus kita laksanakan sampai kapanpun,” kata Danang.

Usai memberikan sambutan, Danang Maharsa sekaligus meresmikan pameran lukisan yang berada di lantai satu Monumen Yogya Kembali. Menanggapi adanya pameran tersebut, Wabup menyampaikan akan berdiskusi bersama Kepala Dinas Kebudayaan Sleman terkait dukungan pelaksanaan event kesenian yang melibatkan para pelukis.

“Kami tadi sudah berdiskuisi dengan Prof. Hajar dan Pak Kadis Kebudayaan, ingin mengadakan acara untuk seniman khususnya pelukis di Sleman dalam rangka bagaimana kita berbudaya lewat sebuah lukisan, nanti akan kita diskusikan lagi konsepnya,” ucap Danang.

Baca Juga Bappebti Imbau Masyarakat Waspadai Perdagangan Aset Kripto

Sementara itu, Ketua panitia peringatan Penegakan Kedaulatan Negara, Nanang Dwinarto menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Dukungan tersebut menjadi wujud kolaborasi positif antara penyelenggara dengan Pemerintah Kabupaten Sleman

“Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Sleman dan Bapak Wakil Bupati yang memberikan dukungan dengan hadir pada pagi ini. Semoga peringatan ini bisa terus dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya,” tukas Nanang. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.