Berita Nasional Terpercaya

Wapres Kunjungi Green House Ponpes Hajar Aswad

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gunungkidul, Selasa (27/6/2023). Ia mendatangi Pondok Pesantren Hajar Aswad, Yayasan Sunan Pandanaran di Kapanewon Ngawen. Ponpes ini merupakan yayasan Ponpes Pandanaran.

Tiba di Gunungkidul, Wapres mengunjungi Green House milik pondok pesantren. Wapres memanen sayuran dengan jenis selada dan kangkung yang dibudidayakan secara hidroponik oleh para santri.

Baca Juga: Kedungpoh Park, Wisata Sunset Dan Kuliner Baru Gunungkidul

Usai meninjau program kegiatan ponpes, Wapres melakukan pertemuan dengan para kyai. Turut hadir istri Wapres. Wury Ma’ruf Amin, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X, Bupati Gunungkidul Sunaryanta, dan para pimpinan Pondok Pesantren Hajar Aswad KH Mutashim Billah, Kiai Machasin, Kiai Muhajir, dan Kiai Abdul Muhaimin.

Kepada media Wapres KH Ma’ruf Amin menyampaikan, ke depan pesantren diharapkan dapat mewujudkan ketahanan bangsa. Program Ponpes Hajar Aswad dinilai sesuai dengan visi Pemerintah karena ponpes berkembang tak hanya sebagai tempat pendidikan agama.

“Saya berharap program ini dapat terus berkembang dan menjadi model yang dapat diadopsi di berbagai daerah di Indonesia untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan dan kesejahteraan ekonomi yang inklusif,” kata Ma’ruf.

Wapres menyebut Ponpes saat ini terus berkembang untuk mampu memegang peran penting dalam mendukung ketahanan pangan khususnya untuk wilayah sekitar. Selain itu, mampu menciptakan peluang ekonomi bagi santri dan masyarakat.“Setidaknya ponpes bisa membangun kemandirian, tidak harus bergantung pada bantuan pemerintah atau dari luar,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Wapres secara simbolis memberikan bantuan beasiswa bagi santri yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Bantuan yang diberikan kepada tiga santri berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

“Saya berharap para santi mampu melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Para santri dapat membuktikan mampu menembus berbagai perguruan tinggi bergengsi,” kata Ma’ruf.

Pengasuh Ponpes Hajar Aswad, KH Mu’tashim Billah mengaku sangat senang dengan kunjungan Wakil Presiden. Menurutnya banyak pujian yang dilontarkan atas program yang dikembangkan pesantren, salah satunya progam ketahanan pangan

“Kita diminta untuk mempertahankan program yang ada. Banyak kegiatan yang dinilai mampu mengembangkan kemampuan santri saat berada ditengah masyarakat,” kata Mu’tashim.

Baca Juga: Gunungkidul Usulkan 10 Ruas Jalan Kabupaten Melalui Program Inpres

Dalam pemaparannya, penanggung jawab Green House, Muhammad Rahmat menyampaikan setiap pesantren Yayasan Pandanaran memiliki unggulan sendiri-sendiri, yaitu ada peternakan, tanaman, dan pertanian. Untuk Pondok Pesantren Hajar Aswad, produk unggulannya adalah sayuran dan tanaman hias.

“Menciptakan peluang ekonomi, melatih santri mandiri. Tentu saja kita berharap akan bermanfaat juga bagi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” tukas Rahmat. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.