Berita Nasional Terpercaya

Gunungkidul Raih Manggala Karya Kencana dari BKKBN

0

GUNUNGKIDUL, BERNAS.ID – Bupati Gunungkidul, Sunaryanta dan Ketua Tim penggerak PKK Gunungkidul Diah Purwanti menerima penghargaan Manggala Karya Kencana ( MKK) dari BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional). Keduanya secara langsung menerima penghargaan di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Selatan, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga: Kedungpoh Park, Wisata Sunset Dan Kuliner Baru Gunungkidul

Kepala BKKBN Pusat, Hasto Wardoyo menyampaikan penghargaan diberikan karena dinilai mencapai keberhasilan pada program Keluarga Berencana serta pembangunan keluarga (Bangga Kencana) di Gunungkidul.

“Ada upaya pembangunan manusia dari sisi fisik termasuk pencegahan stunting. Selanjutnya perlu pembangunan karakter dan mental manusia Indonesia,” kata Hasto saat memberi sambutan.

Pemberian penghargaan bidang Bangga Kencana merupakan rangkaian puncak acara peringatan Hari Keluarga Nasional ke-30 yang dilaksanakan di Banyuasin, Sumatera Selatan tanggal 6 Juli.

Hasto mengingatkan adanya tantangan baru berkaitan dengan pertumbuhan penduduk yang sudah berhasil dikendalikan menuju penduduk tumbuh seimbang.

“Pembangunan manusia saat ini rupanya menghadapi tantatangan baru dengan tingkat kelahiran (TFR/Total Fertility Rate) yang sudah turun sampai 2,14 maka kita sekarang menghadapi tantangan pembangunan kualitas manusia,” ucap Hasto.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan peringatan Hari Keluarga Nasional diselenggarakan setiap tahun karena Pemerintah menganggap keluarga itu menjadi bagian penting karena fondasi bangsa.

“Kalau keluarganya baik dan bahagia, maka negara juga akan sejahtera. Karena keluarga merupakan unit terkecil yang menyusun bangsa ini,” kata Muhadjir.

Baca Juga: Gunungkidul Usulkan 10 Ruas Jalan Kabupaten Melalui Program Inpres

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan penghargaan yang diraih karena andil banyak pihak, baik pemerintah daerah maupun masyarakat Gunungkidul. Ia berharap capaian ini akan menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi guna mewujudkan program Bangga Kencana.

“Harapan kita muaranya adalah peningkatan sumberdaya manusia Kabupaten Gunungkidul,” tegas Bupati. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.