Berita Nasional Terpercaya

Ini yang Disiapkan Pemkot Jogja Memasuki Musim Pancaroba

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Guna mengantisipasi musim pancaroba, Pemkot Yogyakarta melalui instansi terkait menyiapkan sejumlah hal untuk menghadapi. Ini untuk meminimalisir adanya bencana yang berdampak pada masyarakat.

Kepala BPBD Kota Jogja, Nur Hidayat mengaku, pihaknya telah mengkonsolidasikan sarana dan prasarana untuk kemungkinan terjadinya banjir. Ada 17 Early Warning System (EWS) yang disiapkan di 17 titik sekitar sungai. Pihaknya juga menambah jumlah Kampung Tangguh Bencana (KTB) yang ada di Kota Jogja.

“Melalui forum KTB yang [targetnya semua] 169, tahun ini kita selesaikan 155 KTB, Insyaallah, tahun depan di semua kampung sudah terbentuk KTB, sehingga siap menghadapi bencana,” kata dia.

Baca juga: Begini Hasil Survei Persiapan Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Masa Pancaroba

Pelatihan bagi para anggota BPBD menurutnya juga terus dilakukan. Pelatihan lintas sektoral dengan instansi lain pun menurutnya juga dilakukan.

“Kami juga akan memberikan pelatihan untuk berbagai OPD (organisasi perangkat daerah) di tanggal 21 nanti,” ujar dia.

Baca juga: Cara Jitu Merawat Kulit Saat Musim Pancaroba

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Yogyakarta Taokhid menjelaskan, memasuki musim pancaroba ini riskan adanya kasus kebakaran. Namun untuk wilayah kota, menurutnya kebanyakan kasus kebakaran disebabkan karena korsleting listrik, selain karena dampak warga yang membakar sampah.

“Satu stop kontak untuk banyak manfaat. Ini menimbulkan beban yang berat dan bisa menyebabkan potensi kebakaran,” kata dia, sambil mengimbau masyarakat lebih berhati-hati terkait hal ini. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.