Berita Nasional Terpercaya

Sri Sultan Terima 120 Manuskrip Jawa Kuno Digital Dari Inggris

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima 120 naskah digital manuskrip Jawa kuno dari Duta Besar Inggris untuk Indonesia yang baru, Dominic Jermey, di Gedhong Wilis Kompleks Kepatihan, Kamis (16/11/2023). Manuskrip yang berbentuk salinan digital dari Pemerintah Inggris merupakan hasil dari Proyek Digitalisasi Naskah Jawa Bollinger dari British Library berkerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI.

Baca Juga Kejati DIY Geledah Kantor Kelurahan Candibinangun Sleman

“Saya belum tahu isinya manuskrip ini apa saja, nanti kalau sudah dibuka. Yang penting manuskrip ini menjadi sesuatu hal yang bisa bermanfaat tidak hanya bagi kami tetapi masyarakat. Ini juga akan muncul dalam digitalisasi Keraton Yogyakarta,” tutur Sri Sultan usai menerima manuskrip Jawa kuno tersebut.

Sri Sultan pun mengatakan adapun fisik dari manuskrip ini masih berada di British Library di Inggris. Selaim itu, ia mengaku belum ada bahasan terkait pemulangan manuskrip-manuskrip fisik tersebut ke DIY. Penyerahan salinan digital manuskrip bukan fisik aslinya karena pihaknya belum mampu merawatnya dan digitalisasi manuskrip ini dinilainya relatif sama.

“Manuskrip kuno yang sudah dikembalikan dalam bentuk salinan naskah digital ini justru mudah dan langsung bisa diaplikasikan dalam aktivitas kesenian dan budaya. Seperti pentas wayang dan sebagainya yang tadinya kita tidak pernah tahu. Manuskrip kuno yang diambil Inggris berasal dari era Hamengku Buwono (HB) II,” ungkap Raja Keraton Yogyakarta ini.

Manuskrip Jawa yang telah di digitalisasi British Library itu diserahkan Dubes Inggris kepada Gubernur DIY dalam bentuk ‘soft file’ yang disimpan dalam ‘hard disk’. Penyerahan salinan digital manuskrip Jawa itu mendapatkan apresiasi dari Gubernur DIY.

“Kami menyampaikan manuskrip yang luar biasa ini agar tidak hanya bisa dirawat tapi juga dapat tersedia untuk diakses oleh masyarakat terutama untuk belajar tentang warisan budaya yang adiluhung. Manuskrip ini merupakan manuskrip yang sangat berharga dan luar biasa,” tutur Jermey.

Menurutnya, upaya itu menunjukkan komitmen kuat Pemerintah Inggris bekerja sama dengan Pemda DIY dalam memperluas akses terhadap naskah sejarah melalui inovasi digital. Kekayaan sejarah Jawa telah dilestarikan selamanya secara digital. “Dengan teknologi terkini dan dedikasi dari rekan-rekan British Library yang bertahan melewati dua ‘lockdown’ nasional selama pandemi Covid-19 untuk menyelesaikan proyek ini,” ucap Jermey.

Baca Juga Lurah Maguwoharjo Menjadi Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

Selain menyerahkan naskah Jawa, Jermey dan Sri Sultan sempat berbincang mengenai kebudayaan, hingga peran Yogyakarta untuk Indonesia dan dunia. Penguatan kemitraan melalui kolaborasi Inggris dan Yogyakarta, disebut Jermey juga turut dibahas, khususnya mengenai pertukaran seni dan budaya yang berkaitan dengan digitalisasi naskah kuno Jawa serta perubahan iklim dan pendidikan.

Jermey pun mengungkapkan Yogyakarta menjadi lokasi kunjungan resmi pertamanya setelah ia diangkat sebagai Dubes Inggris untuk Indonesia. Namun, ini bukan kali pertamanya mengunjungi kota pelajar tersebut. Ia sebelumnya pernah singgah di Yogyakarta untuk belajar Bahasa Indonesia. “Saya pernah menghabiskan waktu di sini sebelumnya ketika saya masih belajar Bahasa Indonesia. Saya ingat sekali berlatih bahasa Indonesia di warung sambil menikmati makanan khas Yogyakarta dan minum kopi,” terangnya.

Selain menyerahkan manuskrip kepada Sri Sultan, Jermey akan berbicara pada Global Forum for Climate Movement yang diselenggarakan Muhammadiyah. Dubes Inggris untuk RI sekaligus Timor Leste ini akan berbicara tentang Inovasi untuk Ketahanan Iklim. “Perubahan iklim adalah salah satu prioritas internasional utama bagi Pemerintah Inggris, dimana Indonesia telah menunjukkan kepemimpinannya di bidang ini,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.