Berita Nasional Terpercaya

Pemkab Sleman Antisipasi Inflasi Jelang Nataru

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pemkab Sleman melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menggelar High Level Meeting antar pemangku kebijakan sebagai langkah koordinasi antara stakeholder terkait kesiapan jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Nataru merupakan hari besar yang memiliki pengaruh besar terhadap mekanisme pasar.

Baca Juga Kejati DIY Geledah Kantor Kelurahan Candibinangun Sleman

Acara High Level Meeting TPID turut dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Sleman, Kepala Kantor Perwakilan BI DIY, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Pemda DIY, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan DIY, Kepala Perum BULOG Kanwil Yogyakarta, Pimpinan PT Pertamina Cabang DIY dan Pimpinan Hiswana Migas DIY.

Dalam arahannya, Kustini mengatakan rapat koordinasi menjadi upaya untuk memantapkan kolaborasi dan sinergi dalam mengendalikan harga dan menjaga ketersediaan stok atau pasokan kebutuhan pokok di Kabupaten Sleman. Ia menyebut jelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2024, Pemkab Sleman harus menjamin ketersediaan bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat serta mengupayakan agar harganya terjangkau.

“Saya yakin dengan koordinasi dan sinergi yang mantap diantara seluruh stakeholder maka kita dapat melakukan seluruh upaya yang dimungkinkan untuk mendukung upaya pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat dan pengendalian inflasi jelang Natal dan Tahun Baru 2024,” tutur Kustini

Lebih lanjut, Kustini berharap TPID tidak hanya berfokus pada persoalan yang memicu gejolak harga melalui pendekatan yang bersifat jangka pendek. Namun secara bertahap direncanakan mulai menyentuh pada solusi atas berbagai persoalan yang bersifat struktural seperti peningkatan produktivitas, kelancaran distribusi, dan struktur pasar yang efisien.

“Pada kondisi seperti inilah peran pemerintah melalui TPID sangat diperlukan dan tidak hanya memantau harga, ketersediaan stok dan distribusi bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat tetapi juga untuk mengendalikan laju inflasi serta langkah-langkah yang responsif dan efektif,” tukasnya

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Sleman, Suyanto melaporkan tingkat inflasi di DIY berpotensi mengalami kenaikan pada akhir tahun yang disebabkan tingginya peluang kunjungan wisatawan, permintaan terhadap bahan pangan, maupun kebutuhan transportasi. Untuk itu, TPID Kabupaten Sleman perlu melaksanakan berbagai upaya pengendalian inflasi yang salah satunya adalah pelaksanaan High Level Meeting TPID Kabupaten Sleman.

Baca Juga Lurah Maguwoharjo Menjadi Tersangka Kasus Tanah Kas Desa

“High Level Meeting TPID Kabupaten Sleman hari ini diselenggarakan untuk peningkatan peran dan fungsi koordinasi antara stakeholder terkait dalam rangka kesiapan menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 serta membahas program kerja sepanjang tahun 2023 dan program strategis yang akan diselenggarakan tahun 2024,” jelas Suyanto.

Pada kesempatan tersebut turut dilakukan penandatanganan Keputusan Bupati Sleman tentang Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Sleman yang akan mencabut Keputusan Bupati Sleman Nomor 9.3 tahun 2018 tentang Tim Pelaksana Pengendalian Inflasi Daerah. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.