Berita Nasional Terpercaya

Rapat Kerja Dewan Jamu Indonesia DIY Dorong Rumah Sakit Buka Poliklinik Herbal

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Dewan Jamu Indonesia (DJI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada hari Kamis (7/3/2024) mengadakan Rapat Kerja Rutin Dewan Jamu DIY, bertempat di Fakultas Kedokteran UGM Yogyakarta.

Ketua Dewan Jamu Indonesia DIY, Prof. Nyoman Kertia menyampaikan, bahwa rapat kali ini akan ada banyak pembahasan, yakni Dewan Jamu DIY akan berpartisipasi dalam Hari Bhakti Dokter Indonesia dan juga akan membahas terkait pandangan-pandangan medis tentang jamu.

“Rapat kali ini banyak yang kita bahas, yaitu pertama tentang peran Dewan Jamu nanti dalam berpartisipasi aktif pada acara Hari Bhakti Dokter Indonesia di Bulan Mei,” ujar Prof Nyoman.

Baca Juga : Minum Jamu di RS Bethesda, Dewan Jamu Indonesia DIY Terus Memperkenalkan Jamu

“Kemudian kita juga akan membahas tentang pandangan-pandangan dari para dokter dan apoteker terkait jamu,” imbuhnya.

Prof Nyoman mengatakan, selain itu pihaknya tidak hanya sekedar pandangan, namun akan mengubah model pendidikan pertama di fakultas kedokteran dan farmasi untuk memasukkan kurikulum pendidikan jamu.

“Kemudian juga di rumah sakit agar dibuka poliklinik-poliklinik untuk obat herbal dan juga di instansi yang berwenang mengeluarkan surat izin praktik, nanti mereka akan ikut berembuk bagaimana jalan tengahnya,” terangnya.

Baca Juga : Jamu dan Herbal Pelangsing, Apakah Aman dan Efektif?

Ditambahkan Prof Nyoman, Dewan Jamu Indonesia DIY juga akan memberikan usulan ke pusat, khususnya Departemen Kesehatan, DPR maupun departemen lain untuk memberikan arah terkait pengembangan jamu saat ini.

“Kita berharap jamu ini bisa bergerak lebih cepat ya, karena penting untuk kesehatan masyarakat. Saat ini kan jamu masih awam bagi akademisi, jadi jamu ini agak sulit dan lambat berkembangnya,” tutur Prof Nyoman. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.