Berita Nasional Terpercaya

Ada yang Salah dengan Sistem Pendidikan di Dunia. Simak Video Ini Agar Bisa Membuka Mata Kita Tentang Pendidikan!

0

Bernas.id – Pendidikan merupakan hak segala bangsa. Dengan pendidikan yang cukup akan menjadi modal untuk keluar dari kemiskinan ilmu dan harta. Pendidikan bertujuan membentuk setiap orang menjadi pribadi yang seutuhnya dan terpelajar. Anak-anak dikirim pada usia sekolah untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia nyata, yang ternyata selalu berubah lebih cepat dari yang dibayangkan. Sehingga pendidikan di sekolah ternyata selalu lebih lamban daripada perubahan dunia, karena pada dasarnya sekolah tidak pernah berubah sejak ratusan tahun lalu.

Namun video berikut akan mematahkan semua anggapan kita tentang pendidikan yang telah ada sejak ratusan tahun. Video dari NEXTSchool ini akan mempertanyakan kembal relevansi dan arah yang seharusnya diemban oleh pendidikan yaitu mampu membebaskan manusia dalam belajar dan bersifat dinamis seiring dengan perkembangan zaman.

Dari video tersebut ada berapa hal yang perlu dikoreksi dari pendidikan, yaitu :

1. Pendidikan klasik didasarkan pada nilai-nilai industrial yang kaku

Ciri-ciri pendidikan seperti ini adalah semua harus berdasarkan aturan, instruksi dan petunjuk persis karyawan pabrik. Seharusnya pendidikan dapat membebaskan siswa untuk menentukan arah belajar mereka serta target pencapaiannya sesuai dengan zaman yang selalu berubah.

2. Pendidikan tidak memberikan anak otonomi terhadap diri mereka sendiri

Memberikan anak otonomi dan tanggung jawab terhadap hasil belajar mereka. Membiasakan anak untuk kreatif dan berani tampil di masyarakat.

3. Pendidikan tidak bersifat autentik

Seharusnya pendidikan tidak bersifat menghafal, namun juga menekankan sisi orisinalitas siswa dalam memecahkan sebuah permasalahan.

4. Pendidikan tidak memberi ruang gairah dan kesenangan pada anak

Sekolah mungkin nampak menjadi membosankan dan kaku. Sekolah seharusnya memberi ruang gairah dan kesenangan pada anak dalam mengerjakan sebuah tugas pelajaran dengan cara mereka.

5. Pendidikan tidak memberikan alternatif pembelajaran

Setiap anak adalah pribadiyang unik, mereka pasti memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Itulah yang harusnya diterapkan di sekolah, bukan sekadar penyeragaman.

6. Pendidikan hanya terpaku pada ceramah

Seharusnya pendidikan tidak hanya tatap muka dan ceramah, melainkan interaksi antar siswa dan pengajar dan diskusi antar siswa serta memanfaatkan media atau sumber belajar seperti internet.

 

Kita tahu bahwa  dunia bersifat dinamis dan setiap orang harus kreatif, serta tidak lagi hanya bergantung pada instruksi dan petunjuk seperti layaknya pekerja pabrik. Di dunia sekarang ini setiap orang harus bergerak kreatif dan bisa mengomunikasikan ide-idenya. Selain itu juga harus bisa berkolaborasi dengan orang lain, untuk mengubah kehidupan juga dunia tempat berpijak.

Semoga konsep pendidikan akan berubah seperti video berikut ini!

Leave A Reply

Your email address will not be published.