Berita Nasional Terpercaya

Daftar Mata Kuliah Jurusan Manajemen yang Dipelajari Mahasiswa

0

Bernas.id – Program studi manajemen menjadi salah satu jurusan paling banyak diminati di seluruh universitas di Indonesia. Tidak hanya di kampus negeri, kampus swasta pun juga banyak yang menyediakan program studi tersebut dan mengajarkan mata kuliah manajemen secara terstruktur bagi mahasiswa. 

Mata kuliah manajemen ini secara garis besar mempelajari ilmu-ilmu dalam mengelola dan mengorganisir, baik itu dalam lingkup perusahaan, instansi, atau pekerjaan. Prospek kerja yang akan didapatkan bagi para lulusan sarjana manajemen pun sangat menjanjikan dan banyak perusahaan yang akan membutuhkan kelak.

Lalu, apa sajakah mata kuliah yang harus dipelajari selama perkuliahan berlangsung? Berikut ini merupakan mata kuliah dalam program studi manajemen.

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

Mata Kuliah Jurusan Manajemen di Universitas

Mata Kuliah Jurusan Manajemen di Universitas

Mengetahui mata kuliah jurusan manajemen akan membantu calon mahasiswa untuk menggali minat dan ketertarikannya untuk belajar ilmu manajemen di universitas atau perguruan tinggi.

Mata kuliah manajemen memang sangat menarik untuk menambah wawasan dalam mengelola perusahaan. Berikut ini adalah beberapa mata kuliah di jurusan manajemen yang akan dipelajari oleh mahasiswa :

1. Mata Kuliah Komunikasi Bisnis

Di jurusan manajemen juga turut mempelajari ilmu komunikasi bisnis. Ilmu tersebur secara umum membahas tentang konsep, pola, serta saluran komunikasi bisnis secara lengkap. Selain itu, dalam mata kuliah ini juga mempelajari tentang cara berkomunikasi dan berbisnis menggunakan bahasa verbal maupun non-verbal. 

2. Mata Kuliah Pengantar Akuntansi

Jurusan manajemen juga mewajibkan para mahasiswanya untuk belajar tentang ilmu akuntansi. Secara umum, akuntansi adalah ilmu tentang pencatatan terhadap transaksi keuangan yang ada pada suatu perusahaan.

Baca juga: Mengenal Akuntansi Manajemen: Pengertian, Penerapan, Fungsi, dan Ruang Lingkupnya

3. Mata Kuliah Perpajakan

Mata kuliah perpajakan juga diperoleh mahasiswa jurusan manajemen selama perkuliahan. Hal tersebut berguna untuk menambah wawasan bagi para mahasiswanya kelak. Dengan begitu, para mahasiswa manajemen akan mendapatkan ilmu akuntansi dasar dengan baik. 

4. Manajemen Perbankan

Sesuai dengan namanya, mata kuliah ini mempelajari segala hal yang berkaitan dengan lingkup perbankan. Mulai dari fungsi utama bank, laporan keuangan, manajemen asset, kewajiban, dan sebagainya. Hal tersebut sangat bermanfaat agar para mahasiswa nantinya juga dapat mengelola suatu perbankan dengan baik.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Stock Opname Gratis untuk Manajemen Bisnismu

5. Manajemen Produk dan Merek

Membuat suatu pengelolaan pada produk dan merek perusahaan juga sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut sangat bermanfaat pula untuk strategi pemasaran yang akan dipakainya. Maka dari itu, ilmu manajemen produk dan merek ini juga harus dipelajari oleh calon manajer di perkuliahan jurusan manajemen dengan baik.

6. Manajemen Pemasaran

Ilmu manajemen pemasaran ini berarti mengetahui segala hal terkait analisis lingkungan, pesaing, pelanggan, dan sejenisnya yang berhubungan dengan produk yang akan dipasarkan. Selain itu, mata kuliah ini juga mengajarkan tentang relasi yang baik kepada para pelanggannya.

Baca juga: Kembangkan Kemampuan Administrasi untuk Profesi Ini dengan Menggunakan Teknologi yang Dikembangkan oleh UNMAHA

7. Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Di dalam suatu perusahaan, pengelolaa SDM sangat diperlukan. Hal tersebut berguna agar SDM yang ada dapat teralokasikan dengan baik sesuai dengan fungsinya masing-masing di perusahaan. Maka dari itu, ilmu manajemen SDM ini perlu dipelajari dengan baik dan tepat.

8. Mata Kuliah Manajemen Operasional

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah konsentrasi dibidang manajemen. Sesuai dengan namanya, ilmu ini mempelajari tentang manajemen atau pengelolaan pada suatu kegiatan operasional di perusahaan. Selain itu, beberapa teori yang diajarkannya berupa rantai pasokan, perencanaan pembelian bahan baku, dan sebagainya. Kemudian, mata kuliah ini juga merupakan salah satu materi yang sangat penting di jurusan manajemen.

Baca juga: Krisis karena Covid-19? Ini 5 Tips Manajemen Keuangan Untuk Mengatasi

9. Mata Kuliah Manajemen Keuangan

Mata kuliah manajemen keuangan juga menjadi salah satu mata kuliah konsentrasi di jurusan manajemen. Tak hanya itu, mata kuliah ini juga sangat penting untuk mengelola keuangan dalam perusahaan dengan baik. Hal tersebut dapat dimulai dari perencanaan keuangan hingga membuat keputusan akhir terkait keuangan. Dengan begitu, harapannya pun para mahasiswa lulusan manajemen dapat mengambil keputusan di akhir sesuai dengan kondisi keuangan yang ada di perusahaan nanti dengan baik dan tepat.

10. Mata Kuliah E-Commerce

Mata kuliah ini secara umum mempelajari tentang perdagangan atau penjualan dengan menggunakan jaringan elektronik. Beragam ilmu strategi jual beli barang atau jasa secara elektronik dapat kamu pelajari di jurusan ilmu manajemen ini. Selain itu, sistem pengumpulan data dan transaksi pembayaran yang digunakan pun juga menggunakan elektronik, seperti Gopay atau Ovo. 

Baca juga: 9 Prinsip Manajemen Waktu, Penting Bagi Anda yang Memiliki Rundown Kegiatan Tak Terbatas

11. Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Makro

Hampir semua jurusan di akultas ekonomi mempelajari tentang ilmu ekonomi makro. Ilmu ekonomi ini menjadi dasar atau tumpuan untuk masuk ke semester atau jenjang berikutnya di perkuliahan. Mata kuliah ini secara umum membahas tentang keadaan ekonomi makro serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, seperti kondisi moneter suatu negara. 

12. Mata Kuliah Matematika Bisnis

Ilmu matematika tidak bisa jauh dari jurusan ekonomi, walaupun tidak dipelajari secara lebih mendalam. Akan tetapi, dasar ilmu matematika dalam bisnis juga harus dipelajari dengan baik di perkuliahan. Hal tersebut menjadi dasar untuk dapat mencapai mata kuliah lain ke depannya.

Baca juga: 11 Jurusan Di Universitas Mahakarya Asia dan Peluang Karirnya

13. Mata Kuliah Statistika Bisnis

Tidak jauh berbeda dengan matematika bisnis, ilmu statistika bisnis secara umum juga harus dipelajari. Ilmu tersebut sangat berguna nantinya dalam melihat perkembangan bisnis secara statistika, seperti mean, median, dan sebagainya.

14. Mata Kuliah Penganggaran Bisnis

Mata kuliah ini secara khusus akan mempelajari tentang ilmu penganggaran dalam suatu bisnis perusahan. Tak hanya itu, ilmu ini juga akan mengajarkan suatu cara memberikan anggaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Maka dari itu, ilmu tersebut sangat perlu dipelajari di jurusan manajemen ini.

Baca juga: Jurusan Sains Informasi Geografi, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja

15. Mata Kuliah Perilaku Organisasi

Di dalam suatu instansi atau perusahaan tidak hanya persoalan manajemen bisnis yang akan dipelajari. Akan tetapi, ilmu manajemen dalam hal perilaku organisasi di dalamnya juga harus dikaji dengan baik. Ilmu tersebut secara khusus akan mempelajari terkait cara pengelolaan dalam berperilaku di suatu organisasi atau instansi dengan baik.

Kesimpulan

Itulah beberapa mata kuliah yang dipelajari pada jurusan manajemen, baik mata kuliah umum ataupun bidang konsentrasi. Seluruh mata kuliah tersebut harus dipelajari dengan baik selama perkuliahan berlangsung. Dengan begitu, diharapkan para mahasiswa lulusan manajemen ini dapat mengelola perusahaan atau instansinya dari segi keuangan, organisasi, pemasaran, produk, dan sebagainya dengan lebih baik dan tepat.

Baca juga: 38 Profesi yang Bisa Diraih, Jika Berkuliah di Universitas Mahakarya Asia

Leave A Reply

Your email address will not be published.