Berita Nasional Terpercaya

Hai Sobat Traveller, Sudah Siap untuk Mudik dan Berwisata Lebaran?

0

BERNAS.ID – Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 H sebentar lagi tiba, rencana perjalanan untuk mudik ke kampung halaman dan berlibur semakin mengalami peningkatan.

Sehubungan ekonomi semakin pulih dan membaik paska pandemi Covid-19, pemesanan tiket perjalanan dan akomodasi telah dilakukan dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Data dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) menyebut diperkirakan akan terjadi 193,6 juta atau sekitar 71% dari seluruh jumlah penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan masyarakat pada periode Lebaran tahun 2024 ini (sumber : website Kemenhub).

Baca Juga : Kota Jogja Siap Sambut Pemudik Lebaran 2024

Melihat puncak hari raya adalah 10-11 April 2024 maka padatnya arus perjalanan akan sangat terasa sekitar 6-7 April 2024 untuk keberangkatan dan memperhatikan weekend. Sementara arus balik diperkirakan pada 13-14 April 2024.

Berbagai moda tranportasi baik darat – laut – udara akan mengalami kepadatan penumpang tentunya. Harga tiket penerbangan juga mengalami peningkatan sebagaimana terlihat dari beberapa platform pemesanan tiket secara online.

Dari laman Kemenparekraf diinformasikan bahwa Kemenparekraf bekerjasama dengan PT KAI untuk meluncurkan flash sale berupa diskon harga tiket hingga 30% untuk pembelian tiket pada hari Senin hingga Kamis.

Kemenparekraf memperkirakan perputaran ekonomi di sektor parekraf akan mencapai Rp 276,11 triliun di momen lebaran tahun ini (sumber : WBSU Kemenparekraf).

Tips bagi para pelaku perjalanan mudik dan wisata Lebaran dapat memperhatikan hal-hal sederhana untuk kenyamanan seperti sebagai berikut ini :

1. Sediakan waktu yang cukup untuk melakukan persiapan dan mengecek segala sesuatunya sesuai kebutuhan perjalanan.

2. Lengkapi diri dengan informasi dan pahami dengan baik terkait rute dan tujuan perjalanan.

3. Perhatikan keamanan dan keselamatan mengingat padatnya akses perjalanan dan rute perjalanan yang panjang.

4. Nikmati pemandangan selama perjalanan atau sibukkan diri dengan membaca atau mengerjakan hal-hal yang memungkinkan sesuai bakat tanpa mengancam keselamatan termasuk kenyamanan orang lain.

Baca Juga : Kapolda DIY Resmikan Posko Mudikmu Aman Muhammadiyah DIY Tahun 2024

5. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya ketika tiba di rest area/stasiun/bandara/dermaga untuk melakukan refreshment atau menghilangkan kepenatan.

Untuk sobat traveller jangan lupa saat mudik dan berwisata Lebaran untuk membantu UMKM dengan membeli produk Ekraf lokal Indonesia ya..

Begitu banyak produk kreatif yang berkualitas bagus untuk dinikmati dan dijadikan oleh-oleh cinderamata seperti kuliner, fashion, kriya dan lainnya.

Selamat menikmati mudik dan wisata Lebaran dan mari dukung terus berwisata #diindonesiaja #banggaberwisatadiindonesia dan #banggabuatanindonesia

(Penulis: Ketut Swabawa | Praktisi Pariwisata)

Leave A Reply

Your email address will not be published.